CITRA KPK

DPR Soroti Citra KPK yang Berada di Urutan Delapan

Laporan: Galuh Ratnatika
Senin, 01 Juli 2024 | 18:43 WIB
Anggota Komisi III DPR RI Johan Budi (SinPo.id/ Galuh Ratnatika)
Anggota Komisi III DPR RI Johan Budi (SinPo.id/ Galuh Ratnatika)

SinPo.id - Anggota Komisi III DPR RI Johan Budi S. Pribowo menyoroti citra Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang saat ini tidak cukup baik dipandang masyarakat. Bahkan dari hasi survei Litbang Kompas, KPK berada di urutan ke delapan, di bawah Polri, Kejaksaan, dan DPR.


“Apa kendala yang sedang terjadi di dalam internal KPK atau diantara KPK dengan insan penegak hukum lain mungkin," kata Johan di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Senin 1 Juli 2024.

"Sekarang waktunya tepat untuk mengungkapkannya kepada kami, Komisi III. Hingga perlu ada langkah konkret yang kemudian harus dilakukan oleh KPK,” lanjutnya.

Menurutnya, kendala tersebut terkait dengan pelaksanaan fungsi kewenangan KPK, baik di bidang penindakan, monitoring, pengawasan, koordinasi, serta yang berkaitan dengan pencegahan termasuk pendidikan dan pelayanan masyarakat. 

Terlebih, masyarakat menilai bahwa program sosialisasi anti korupsi yang dicanangkan, tidak sesuai dengan apa yang dilakukan oleh insan KPK.

“Menurut masyarakat, percuma sosialisasi anti korupsi yang dilakukan KPK kepada masyarakat, karena karena apa yang dilakukan oleh insan KPK, ada yang tidak bisa dicontoh oleh masyarakat, atau malah berperilaku tidak menunjukkan apa yang disosialisasikannya," ungkapnya.sinpo

Komentar: