Hamas Sebut Tak Ada Kemajuan dalam Perundingan Gencatan Senjata di Gaza

Laporan: Galuh Ratnatika
Senin, 01 Juli 2024 | 09:12 WIB
Pejuang Hamas (SinPo.id/Reuters)
Pejuang Hamas (SinPo.id/Reuters)

SinPo.id - Seorang pejabat senior Hamas, Osama Hamdan mengatakan, tidak ada kemajuan dalam perundingan gencatan senjata dengan Israel terkait perang Gaza. Meskipun pihaknya telah menyatakan siap untuk gencatan senjata.

"Kami siap untuk menanggapi secara positif setiap usulan gencatan senjata yang mengakhiri perang," kata Hamdan dalam sebuah konferensi pers di Beirut. Dilansir dari Reuters, Senin, 1 Juli 2024.

Upaya mediator Arab, yang didukung oleh Amerika Serikat, sejauh ini gagal untuk mencapai gencatan senjata, dan kedua belah pihak saling menyalahkan atas kebuntuan tersebut.

Hamas mengatakan, kesepakatan apa pun harus mengakhiri perang dan memaksa Israel untuk menarik diri sepenuhnya dari Gaza. Sedangkan Israel mengatakan, mereka hanya akan menerima jeda sementara dalam pertempuran hingga Hamas, yang telah memerintah Gaza sejak 2007, diberantas.

"Sekali lagi, Hamas siap untuk menanggapi secara positif setiap usulan yang menjamin gencatan senjata permanen, penarikan menyeluruh dari Jalur Gaza dan kesepakatan pertukaran sandera yang serius," kata Hamdan.

Sebelumnya, militer Israel mengumumkan tewasnya dua tentara Israrl dalam pertempuran di Gaza utara, saat pasukan Israel terus melancarkan serangan di lingkungan Shejaia di Kota Gaza.

Sementara sayap bersenjata Hamas dan kelompok Jihad Islam juga terus bertempur melawan tentara Israel dengan menembakkan roket anti-tank dan bom mortir terhadap tank-tank yang beroperasi di sana.sinpo

Komentar: