Volume Pengguna Commuter Line Di Stasiun Sekitar PRJ Meningkat

Laporan: Tim Redaksi
Minggu, 30 Juni 2024 | 06:20 WIB
Kereta Api (pixabay)
Kereta Api (pixabay)

SinPo.id -  Memasuki pekan terakhir Juni 2024, bertepatan dengan masa libur anak sekolah, pergerakan pengguna Commuter Line hari ini, Sabtu, 29 Juni 2024, terpantau ramai lancar. Dengan mengoperasikan sebanyak 959 perjalanan di seluruh lintas Jabodetabek, mobilitas pengguna Commuter Line di stasiun-stasiun tujuan di kawasan wisata, pusat perbelanjaan dan bisnis serta event tahunan “Jakarta Fair atau Pekan Raya Jakarta (PRJ)” yang lokasinya dekat dengan Stasiun Commuter Line.

"Sejauh ini, hingga pukul 14.00 WIB akumulasi volume pengguna Commuter Line Jabodetabek mencapai 312.629 orang," kata Anne Purba
Corporate Secretary KAI Commuter dalam keterangannya pada Sabtu 29 Juni 2024.

Sementara volume di Stasiun Tanah Abang dan Stasiun Sudirman yang berada di sekitar kawasan pusat bisnis dan perbelanjaan, masing-masing mencatat 25.052 orang dan 10.909 orang yang turun di stasiun tersebut. Sedangkan penumpang yang turun di Stasiun Jakarta Kota yang berada di kawasan wisata Kota Tua sebanyak 11.833 orang.

Tak hanya itu, KAI Commuter juga memantau pergerakan pengguna di stasiun-stasiun yang berlokasi di dekat event PRJ di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, yaitu Stasiun Kemayoran dan Stasiun Rajawali. Per pukul 14.00 WIB ini, volume pengguna yang turun di Stasiun Kemayoran tercatat sebanyak 2.263 orang, sedangkan di Stasiun Rajawali menyentuh angka 3.276 orang.

Tampaknya, animo dan antusiasme publik menggunakan transportasi umum khususnya Commuter Line untuk menuju tempat-tempat perbelanjaan atau pusat bisnis karena dinilai sangat efisien. Selain terhindar dari kemacetan di jalan, biasanya saat hari libur, kantong parkir di sentra keramaian itu juga tidak lagi dapat menampung ribuan kendaraan pengunjung yang menggunakan kendaraan pribadi.

KAI Commuter juga mencatat rata-rata volume pengguna yang turun di Stasiun Kemayoran pada akhir minggu sebelum event PRJ tercatat diangka 3.655 orang per harinya. Sedangkan rata-rata pada akhir pekan pada saat event PRJ ini mengalami kenaikan sebesar 22% atau sebanyak 4.453 orang yang turun di Stasiun tersebut. Bahkan, pengguna yang turun di Stasiun Rajawali mengalami kenaikan 137% atau rata-rata sebanyak 3.596 orang per harinya.
 
Di Stasiun Kemayoran dan Stasiun Rajawali setiap harinya melayani 101 perjalanan Commuter Line untuk tujuan Bekasi/Cikarang atau tujuan Angke/Tanah Abang. Jadwal perjalanan terakhir pukul 22.45 WIB untuk tujuan Bekasi/Cikarang dan pukul 22.41 untuk tujuan Angke/Tanah Abang. Sementara itu, total perjalanan Commuter Line Bekasi/Cikarang setiap harinya dioperasikan sebanyak 260 perjalanan pada hari kerja dan sebanyak 246 perjalanan pada hari Sabtu/hari libur setiap harinya.
sinpo

Komentar: