Habiburokhman Minta Pansel Aktif Cari Calon Pimpinan KPK

Laporan: Juven Martua Sitompul
Kamis, 27 Juni 2024 | 12:38 WIB
Wakil Ketua Komisi III DPR Habiburokhman. (SinPo.id/ Antara)
Wakil Ketua Komisi III DPR Habiburokhman. (SinPo.id/ Antara)

SinPo.id - Wakil Ketua Komisi III DPR Habiburokhman mendorong Panitia Seleksi (Pansel) untuk aktif mencari figur yang tepat sebagai calon pimpinan (capim) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Pansel diharap tidak diam dan menunggu hingga pendaftaran.

"Kami berharap Pansel jangan hanya duduk manis menunggu orang daftar seperti pencari kerja. Mereka bisa hubungi atau datangi figur-figur yang pantas agar bersedia mendaftar dan ikut seleksi," ujar Habiburokhman kepada wartawan, Jakarta, Kamis, 27 Juni 2024.

Habiburokhman menilai ada banyak sosok yang bersih dan mampu memimpin pemberantasan korupsi di Tanah Air. Menurutnya, tokoh itu bisa ditemukan di berbagai lembaga penegak hukum hingga akademisi.

"Banyak figur bersih di kepolisian, kejaksaan, pengadilan, akademisi, termasuk DPR, yang menurut saya harus didorong untuk daftar," kata dia.

Habiburokhman juga berharap para capim yang dipilih nanti memiliki integritas. Terpenting, calon pimpinan KPK itu nantinya tidak problematik.

"Pimpinan KPK harus benar-benar bersih sehingga tidak bisa disandera dengan persoalannya sendiri. Di sisi lain, mereka juga mampu menjalankan tugas yang amat berat. Harus kuasa hukum secara substantif dan prosedural hingga detail juga," tegas dia.

Pendaftaran capim dan Dewas KPK sudah dimulai sejak Rabu, 26 Juni 2024. Pansel KPK mengungkapkan sejauh ini sudah ada 94 orang yang mendaftar secara akun, tapi belum mengunggah dokumen.

Arif membeberkan setelah berkas diunggah para pendaftar, Pansel akan melakukan verifikasi sesuai dengan persyaratan. Pendaftar yang lolos verifikasi akan diumumkan pada 24 Juli 2024.

"Selanjutnya, hasil dari verifikasi atas berkas tersebut akan diumumkan sebagai peserta yang lolos seleksi administrasi. Pengumuman tersebut akan dilaksanakan pada 24 Juli 2024," kata Arif beberapa waktu lalu.sinpo

Komentar: