AS Cegah Perang Israel-Hizbullah

Oleh: VOA INDONESIA
Kamis, 27 Juni 2024 | 04:25 WIB
Perang (pixabay)
Perang (pixabay)

SinPo.id -  Amerika Serikat sedang berupaya segera mencapai perjanjian diplomatik yang memungkinkan warga sipil Israel maupun Lebanon untuk bisa kembali ke rumah mereka di kedua sisi perbatasan, kata Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin, pada Selasa 25 Juni 2024, dalam pertemuan dengan Menteri Pertahanan Israel Yoav Gallant.

Penembakan di sisi utara perbatasan Israel itu telah menyebabkan evakuasi puluhan ribu warga dari wilayah di kedua sisi perbatasan, serta telah meningkatkan ketegangan selama beberapa minggu terakhir dan menimbulkan ketakutan akan pecahnya perang Israel-Hizbullah berskala penuh.

“Provokasi Hizbullah mengancam terseretnya warga Israel dan Lebanon ke dalam perang yang tidak mereka inginkan. Perang itu akan menjadi bencana bagi Lebanon dan akan sangat menghancurkan bagi warga sipil Israel dan Lebanon yang tidak berdosa,” kata Austin pada awal pertemuannya dengan Gallant di Pentagon.

Di Pentagon, Gallant mengatakan bahwa ia akan mendiskusikan kesiapan militer bersama Austin. “Kita sedang bekerja sama dengan erat untuk mencapai sebuah kesepakatan, tapi kita juga harus membahas kesiapan setiap skenario yang mungkin terjadi,” ungkap Gallant. [rd/jm]sinpo

VOA INDONESIA
Komentar: