Pilkada 2024

Jajaran Bawaslu Diminta Tingkatkan Kualitas Pengawasan dan Penanganan Pelanggaran

Laporan: Sigit Nuryadin
Rabu, 26 Juni 2024 | 15:55 WIB
Anggota Bawaslu Puadi (SinPo.id/Humas Bawaslu)
Anggota Bawaslu Puadi (SinPo.id/Humas Bawaslu)

SinPo.id - Anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI Puadi, menghimbau kepada seluruh jajarannya untuk tetap meningkatkan kualitas pengawasan dan penanganan pelanggaran. 

Hal itu, kata dia, guna mewujudkan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2024 yang berintegritas, jujur dan adil.

”Kita akan dihadapkan banyak persoalan, isu-isu yang disebut politik uang, kampanye hitam, hoax, hate speech, dan netralitas ASN, tantangan persoalan yang akan kita hadapi berpotensi terjadi disinformasi dan misinformasi," kata Puadi dalam keterangannya, Rabu, 26 Juni 2024.

Dia menegaskan jika ada informasi awal dari masyarakat, perlu adanya proses penelusuran dan pendalaman, lalu dituangkan dalam laporan hasil pengawasan.

Kemudian, lanjut Puadi, ketika cukup kuat buktinya dapat dilanjutkan menjadi temuan. Oleh karenanya, Puadi mendorong para pengawas untuk itu tetap konsisten dalam menjalankan prinsip-prinsip penyelenggaran Pilkada.

"Jaga netralitas, pahami dan pelajari regulasi yang ada, itu yang akan menjadi pegangan kita untuk menjaga nilai demokrasi," tutur dis. 

"Mari bangun komitmen bersama agar tetap bermatabat dan berintegritas, kepada seluruh jajaran jadikan tugas dan kewenangan ini menjadi suatu nilai ibadah buat kita semua,” tandasnya. 

BERITALAINNYA
BERITATERKINI