15 Ribu Pelari Meriahkan Jakarta International Marathon 2024

Laporan: Khaerul Anam
Minggu, 23 Juni 2024 | 12:29 WIB
JAKIM 2024 (SinPo.id/Beritajakarta)
JAKIM 2024 (SinPo.id/Beritajakarta)

SinPo.id - Sekitar 15 ribu pelari dari dalam dan luar negeri, mengikuti Jakarta Internasional Marathon (Jakim) 2024 Minggu, 23 Juni 2024. Ini merupakan agenda rutin olahraga tahunan yang digelar dalam rangka menyambut HUT ke-497 Kota Jakarta.

Lomba yang dibuka Penjabat (Pj) Gubernur DKI, Heru Budi Hartono, dimulai dari Kawasan Silang Monas Barat Laut, Gambir, Jakarta Pusat dan finish di Gelora Bung Karno, Senayan.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi DKI Jakarta, Andri Yansyah menjelaskan, para peserta lari ini dibagi dalam tiga kategori, yaitu marathon 42 kilometer dilepas pukul 04.00 WIB,  half marathon 21 kilometer pukul 05.15 WIB dan lari 10 Kilometer pukul 06.15 WIB.

Menurut Andri Yansyah, ajang bergengsi bertaraf internasional ini untuk meningkatkan profil Jakarta di mata dunia sebagai kota yang aktif dan dinamis. Selaras dengan tema besar yang diusung dalam HUT tahun ini "Jakarta Kota Global, Berjuta Pesona".

"Lomba ini juga dimeriahkan lebih dari 50 cheering seni kebudayaan sepanjang rute yang dilalui para pelari. Diharapkan Cheering ini dapat menambah semangat para pelari dalam menuju garis finish," papar Andri Yansah.

Lebih lanjut, Andri menjelaskan, para peserta akan melintasi 35 ruas jalan Jakarta yang sudah disterilkan dari arus kendaraan bermotor.

"Kita juga menyiapkan 16 rute alternatif bagi masyarakat yang akan mengakses ke sepanjang Sudirman-Thamrin," ungkap Andri.sinpo

Komentar: