NasDem Tegaskan Komitmen Jadi Rumah bagi Kaum Perempuan

Laporan: Juven Martua Sitompul
Sabtu, 22 Juni 2024 | 13:33 WIB
Sekjen Partai NasDem Hermawi F Taslim (SinPo.id/ Dok. NasDem)
Sekjen Partai NasDem Hermawi F Taslim (SinPo.id/ Dok. NasDem)

SinPo.id - Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai NasDem Hermawi F Taslim menegaskan partainya berkomitmen menjadi rumah besar bagi kaum perempuan di Indonesia. NasDem membuka pintu selebar-lebarnya bagi kaum perempuan.

"NasDem adalah partai yang selalu terbuka menjadi rumah bagi kaum perempuan," katanya dalam keterangan tertulis di Jakarta, Sabtu, 22 Juni 2024.

Ini disampaikan Taslim saat membuka rangkaian diskusi menuju Simposium Perempuan dalam Kongres III di Tower NasDem, Jakarta, Jumat, 21 Juni 2024. Diskusi awal berfokus pada solusi untuk mengurangi kesenjangan gender di bidang ekonomi, sumber daya alam, dan STEM (sains, teknologi, rekayasa, dan matematika) di Indonesia.

"Ini menegaskan komitmen Partai NasDem sebagai rumah besar bagi perempuan, juga komitmen NasDem terhadap pemberdayaan perempuan, partai punya peran sebagai advokat utama kesetaraan gender," katanya.

Dia mengatakan rangkaian diskusi Kongres III Partai NasDem lanjutan akan dilaksanakan dengan tema kesehatan pada 29 Juni 2024, pendidikan pada 6 Juli 2024, dan representasi politik pada 13 Juli 2024.

"Rangkaian itu menuju Simposium Perempuan pada Kongres Ketiga di 26 Juli 2024," ujarnya.

Sementara itu, anggota Steering Commitee Kongres III Eva Kusuma Sundari mengatakan inisiatif diskusi itu penting untuk mengatasi tantangan sosial yang lebih luas di luar krisis jangka pendek.

Dia menyoroti pentingnya mengurangi ketimpangan sosial dan mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan (SDGs), sambil mencatat bahwa ketimpangan gender masih menjadi hambatan besar.

"Diskusi tersebut mencerminkan kesepakatan bahwa penanggulangan ketimpangan gender dapat menjadi pendorong bagi pembangunan yang berkelanjutan, menunjukkan komitmen untuk membentuk masyarakat yang lebih adil," ucap dia.

Kongres Ketiga Partai NasDem dijadwalkan pada 25-27 Agustus di Jakarta Convention Center. Kongres III Partai NasDem diharapkan memperkuat inisiatif ini menjadi rencana aksi konkret untuk memajukan kesetaraan gender dan kemajuan yang berkelanjutan.sinpo

Komentar: