EURO 2024

Kroasia Main Imbang 2-2 dengan Albania

Oleh: ANTARA
Rabu, 19 Juni 2024 | 22:03 WIB
Kroasia vs Albania
Kroasia vs Albania

SinPo.id -  Kroasia gagal mengalahkan Albania setelah gol Klaus Gjasula memaksa pertandingan berakhir imbang 2-2 dalam laga kedua Grup B Euro 2024 di Volksparkstadion, Hamburg, Rabu malam WIB.

Albania mencetak gol lebih dulu melalui Qazim Laci, yang disamakan Andrej Kramaric. Gol bunuh Klaus Gjasula membuat Kroasia berbalik unggul sebelum dia menebus kesalahannya dengan mencetak gol penyeimbang pada masa injury

Hasil ini membuat Kroasia tetap urutan tiga klasemen Grup B. Luka Modric cs mengantongi satu poin, sama dengan Albania namun kalah selisih gol.

Kedua tim masih memiliki asa lolos fase gugur, tapi tergantung hasil pertandingan Spanyol vs Italia pada Jumat 21 Juni 2024

Albania tampil meyakinkan dengan  membuat Kroasia kesulitan mengembangkan permainannya.

Tim asuhan Sylvinho bahkan unggul lebih dulu saat pertandingan baru berjalan 11 menit.

Umpan silang Jasir Asani dari sisi kanan disambut sundulan Qazim Laci di kotak penalti yang sukses menjebol gawang Dominic Livakovic. 

Empat menit kemudian, Albania mendapatkan peluang lainnya, tapi tembakan Nedim Bajrami bisa diblok pemain bertahan Kroasia.

Kroasia memberikan ancaman berbahaya pada menit ke-20 dari tembakan Mateo Kovacic dari luar kotak penalti.

Albania terus gencar melancarkan serangan dan mendapatkan peluang pada menit ke-31 melalui percobaan Kristjan Asllani yang dimentahkan penjaga gawang Dominik Livakovic.

Kroasia kesulitan  menguasai lini tengah karena permainan agresif para pemain Albania.

Albania bahkan nyaris menggandakan keunggulan andai sundulan Rey Manaj di kotak penalti tidak dimentahkan Livakovic

Kroasia bermain lebih baik pada babak kedua. Luka Modric CS mulai mendominasi penguasaan bola dan menekan pertahanan Albania.

Usaha Kroasia  membuahkan hasil pada menit ke-74 lewat Andrej Kramaric. Penyerang Hoffenheim itu menguasai bola hasil umpan Ante Budimir sebelum melepaskan tembakan mendatar ke arah tiang dekat.

Kiper Albania, Thoma Strakosha tidak berkutik saat melihat bola masuk gawang. Kedudukan berubah 1-1.

Keberhasilan menyamakan kedudukan membuat kepercayaan diri Kroasia meningkat. Tim asuhan Zlatko Dalic makin sengit menggempur Albania.

Dua menit berikutnya, Kroasia berbalik memimpin setelah mencetak gol kedua melalui gol bunuh diri Klaus Gjasula.

Gol ini berawal dari tembakan Luka Sucic yang memanfaatkan sebuah umpan silang. Tendangan Sucic masih bisa dibendung oleh kapten Albania, Berat Djimsiti.

Bola yang memantul malah membentur Gjasula yang sedang berlari menghadap gawang sehingga masuk gawang sendiri. Kroasia unggul 2-1.

Kebobolan dua gol balasan cepat ternyata tak memadamkan semangat Albania. Usaha pantang menyerah mereka berujung gol balasan pada masa injury.

Gjasula membayar kesalahannya dengan mencetak gol penyama kedudukan setelah memaksimalkan sebuah umpan silang dengan melepaskan tembakan kaki kiri yang tidak bisa dibendung oleh Livakovic.

 sinpo

Komentar: