Hakim Konstitusi Arief Hidayat: Pancasila Warisan Terbaik untuk Bangsa Indonesia

Laporan: Tim Redaksi
Selasa, 18 Juni 2024 | 01:02 WIB
Arief  Hidayat (Sekretariat Kabinet)
Arief Hidayat (Sekretariat Kabinet)

SinPo.id -  “Pilihan kita terhadap Pancasila tidak keliru. Pancasila adalah hal terbaik yang diwariskan para pendiri bangsa.” Hal ini disampaikan oleh Hakim Konstitusi Arief Hidayat saat menghadiri kegiatan temu warga Indonesia di Astana, Kazakstan pada Ahad 16 Juni 2024

Pada kegiatan yang bertepatan dengan perayaan Hari Raya Iduladha 1445 H tersebut, Arief menjelaskan tentang tugas dan wewenang Mahkamah Konstitusi, serta pengalaman MK saat memutus 299 perkara Perselisihan Hasil Pemilihan Umum Tahun 2024 lalu. Ia menjelaskan bahwa dengan jumlah perkara yang banyak dan waktu penyelesaian yang terbatas, maka para hakim konstitusi dan pegawai telah mencurahkan tenaga, pikiran dan waktunya hampir 24 jam bagi MK dalam 3 bulan terakhir.

Duta Besar Republik Indonesia untuk Kazakstan merangkap Tajikistan, Fadjroel Rahman juga memberikan penjelasan kepada para warga dan delegasi Indonesia bahwa hubungan Indonesia dan Kazakstan sangatlah baik, kedua negara baru saja memperingati 30 tahun hubungan diplomatik pada tahun 2023. Salah satu milestone dari hubungan tersebut yaitu penandatanganan nota kesepahaman Sister City antara Kepala Otorita Ibukota Nusantara (IKN) dengan Walikota Astana.

“Selain mengawal kerja sama-kerja sama seperti itu, yang terpenting bagi kami di kedutaan adalah untuk melindungi warga Indonesia dari ujung kepala sampai dengan ujung kaki,” pungkas Fadjroel di hadapan tiga puluh warga yang hadir. Kegiatan temu warga diselenggarakan di Wisma Indonesia di Kota Astana, dengan sebelumnya melakukan sholat ied bersama di Masjid Hazrat Sultan.

Kunjungan kerja delegasi Mahkamah Konstitusi di Astana merupakan tindak lanjut penandatanganan MoU antara MKRI dan MK Kazakstan pada tahun 2023 lalu, sekaligus dalam rangka persiapan penyeenggaraan kongres ke-6 AACC (The Association of Asian Constitutional Courts). Hakim Konstitusi Arief Hidayat dijadwalkan akan bertemu dengan Ketua MK Kazakstan serta memberikan kuliah umum pada 18 Juni 2024.sinpo

Komentar: