KAI Commuter Layani 324 Ribu Lebih Pengguna Pada Libur Hari Raya Idul Adha

Laporan: Tim Redaksi
Senin, 17 Juni 2024 | 21:44 WIB
KAI
KAI

SinPo.id -  Pengguna Commuter Line Jabodetabek pada libur peringatan hari Raya Idul Adha pada Senin, 17 Juni 2024 terpantau ramai lancar. Hingga pukul 18.00 Wib tercatat volume pengguna Commuter Line Jabodetabek sebanyak 324.280 orang. 

"Tercatat Stasiun Bogor sebagai stasiun keberangkatan dan kedatangan terbanyak dengan volume sebanyak 22.078 orang yang berangkat dan sebanyak 23.374 orang yang turun di stasiun tersebut," kata Anne Purba
Corporate Secretary KAI Commuter dalam keterangannya pada Senin 17 Juni 2024. 

Pada libur Idul Adha ini, pengguna didominasi dengan pengguna musiman dengan membawa keluarga atau anak-anak. Pada stasiun-stasiun intergrasi dengan perjalanan Commuter Line Lokal juga terpantau ramai, seperti Stasiun Cikarang yang terintegrasi dengan Commuter Line Walahar hingga waktu yang sama tercatat volume pengguna Commuter Line yang turun distasiun tersebut sebanyak 10.389 orang. Sedangkan di Stasiun Rangkasbitung yang terintegrasi dengan Commuter Line Merak tercatat 7.220 orang yang turun distasiun tersebut. 

Masa libur panjang Idul Adha ini hingga esok Selasa 18 Juni 2024, KAI Commuter mengoperasikan perjalanan Commuter Line Jabodetabek sebanyak 1.048 perjalanan per harinya yang mengacu pada hari kerja. Dengan pengoperasian yang tetap mengacu pada hari kerja, diharapkan masyarakat tetap dapat bermobilisasi secara normal menggunakan kereta commuter line. 

Tercatat total volume pengguna Commuter Line Jabodetabek selama libur panjang peringatan Idul Adha ini mulai Sabtu-Minggu, (15-16/6) tercatat sebanyak 1.289.420 orang.

Selama libur panjang Idul Adha tahun ini, KAI Commuter mengoperasikan 4 perjalanan Commuter Line Basoetta tambahan menjadi 60 perjalanan setiap hari, dengan kapasitas angkut 16.320 orang perharinya.

Selama libur panjang ini mulai Sabtu-Minggu, KAI Commuter mencatat total volume pengguna Commuter Line Basoetta sebanyak 10.218 orang. KAI Commuter juga mencatat volume tertinggi yaitu pada Jumat, (14/6) yaitu sebanyak 8.450 orang.

Untuk memudahkan transaksi pembayaran tiketnya, mulai 13 Juni 2023 kemarin pembayaran tiket Commuter Line Basoetta di vending machine sudah dapat menggunakan QRIS atau kartu Debit/Kredit Bank. Sebelumnya pembelian tiket juga dapat melalui C-Access, Access by KAI, website: reservation.kci.id dan menggunakan KMT.

Sementara untuk Commuter Line Merak, selama masa libur panjang mulai Sabtu-Minggu, tercatat total volume pengguna sebanyak 27.200 orang dengan volume tertinggi pada Sabtu,  yaitu sebanyak 13.918 orang. Selama masa libur Idul Adha ini, KAI Commuter mengoperasikan sebanyak 14 perjalanan Commuter Line Merak tiap harinya, dengan total kapasitas pengguna sebanyak 10.685 orang per harinya.

Untuk melakukan reservasi dan pembelian tiket Commuter Line Merak dapat melalui Acces by KAI yang dapat dilakukan pada H-7 sebelum hari keberangkatan atau pembelian langsung di Stasiun selalu persediaan masih ada. Pengguna diharapkan datang lebih awal untuk verifikasi data sebelum keberangkatan.

Demi kenyamanan bersama saat menggunakan Commuter Line, KAI Commuter mengimbau dilarang membawa barang bawaan yang berbau menyengat dan menggangu kenyamanan peengguna lainnya selama menggunakan Commuter Line. KAI Commuter juga mengajak untuk selalu ikuti arahan dari petugas di stasiun maupun di dalam kereta.

KAI Commuter mengimbau kepada seluruh pengguna Commuter Line Jabodetabek, Basoetta dan Merak untuk selalu mengikuti aturan selama perjalanan. Kepada para pengguna yang membawa keluarga dan anak untuk selalu menjaga dan mengawasinya selama di kereta dan Stasiun, serta ikuti arahan petugas dan tetap waspada juga selalu menjaga keselamatan.
 sinpo

Komentar: