Polri Berhasil Kudeta Markas KKB di Distrik yang Dipimpin Undius Kogoya

Laporan: Firdausi
Senin, 17 Juni 2024 | 14:47 WIB
kelompok separatis teroris (KST) KKB Papua pimpinan Egianus Kogoya. (SinPo.id/Kapendam Cenderawasih)
kelompok separatis teroris (KST) KKB Papua pimpinan Egianus Kogoya. (SinPo.id/Kapendam Cenderawasih)

SinPo.id - Polri dan TNI berhasil mengkudeta markas Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) yang dipimpin Undius Kogoya di Distrik Bibida, Kabupaten Paniai, Papua. Sejumlah barang bukti pun disita dalam penggerebekan tersebut. 

"Kami telah melakukan penegakan hukum yang tegas dan terukur kepada kelompok KKB pimpinan Undius Kogoya di Distrik Bibida, Kampung Bibida, Kabupaten Pania," kata Kepala Operasi Damai Cartenz 2024, Kombes Faizal Ramadhani dalam keterangan tertulisnya, Senin, 17 Juni 2024. 

Menurut Faizal, penegakan hukum dilakukan tiga hari berturut-turut mulai 14 sampai 17 Juni 2024, namun saat digerebek anggota Undius Kogoya berhasil kabur dari markas ke arah hutan wilayah Kabupaten Intan Jaya. 

"Meskipun mereka telah melarikan diri, tapi kami telah berhasil menduduki Markas mereka," tuturnya. 

Adapun barang bukti yang disita dari penggerebakan tersebut, yaitu senapan angin sebanyak tiga pucuk, dua butir amunisi kaliber 5,66 mm, dua amunisi kaliber 7,62 mm, drone dan remote 1 unit, dua parang, enam tombak. 

Lalu ada, empat sangkur, tujuh ponsel, satu HT, delapan atribut kelompok sipil bersenjata, beberapa dokumen, dan juga peralatan tempur lainnya.sinpo

Komentar: