Sambut Malam Idul Adha, Kirab Tumpeng Sembilan di Masjid Agung Demak

Laporan: Tim Redaksi
Senin, 17 Juni 2024 | 03:07 WIB
Masjid Agung Demak
Masjid Agung Demak

SinPo.id -  Acara kirab tumpeng sembilan digelar di Masjid Agung Demak setiap malam sembilan atau malam Hari Raya Idul Adha. Ini merupakan salah satu rangkain acara Grebeg Besar Demak.

 Tumpeng berjumlah sembilan tersebut berisi makanan yang diarak oleh rombongan jajaran Pemkab Demak yang dipimpin Bupati.

Ribuan warga memadati sejumlah titik, yakni, jalan depan kantor Bupati Demak, kemudian Alun-alun Simpang Enam Demak

Hingga pelataran Masjid Agung Demak dan Kasepuhan Kadilangu Demak untuk mendapatkan tumpeng maupun ancakan yang dinilai mendatangkan keberkahan.

Antusias masyarakat yang begitu tinggi pada tradisi kirab tupeng sembilan dan ancakan tersebut menyebabkan banyaknya pengunjung dari wilayah Demak maupun dari luar daerah Demak.

"Tradisi ini menjadi wujud dari kebersamaan dalam melestarikan warisan budaya yang berharga bagi masyarakat Kabupaten Demak," kata Kapolres Demak AKBP Muhammad Purbaya dalam keterangannya pada Minggu 16 Juni 2024

Polres Demak menunjukkan komitmen menjaga keamanan dan memelihara tradisi lokal. Polres Demak menyiagakan ratusan personel gabungan TNI, Polri, Satpol PP, Dishub, PMI serta instansi terkait lainnya. Petugas mengawal, mengawasi dan melakukan pengaturan arus lalu lintas di lokasi acara tersebut.

 "Dengan upaya pengamanan yang maksimal dari Polres Demak, tradisi kirab tumpeng sembilan maupun ancakan diharapkan berjalan aman tanpa gangguan,” ungkapnya.




 
sinpo

Komentar: