Antisipasi Gempa, BPBD DKI Bakal Siapkan Alat Deteksi Suhu Tubuh di Reruntuhan

Laporan: Sigit Nuryadin
Sabtu, 15 Juni 2024 | 22:17 WIB
BPBD DKI Jakarta (SinPo.id/Bpbd dki)
BPBD DKI Jakarta (SinPo.id/Bpbd dki)

SinPo.id - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta menyatakan bakal menyiapkan MK4 Finder atau alat untuk mendeteksi suhu tubuh di reruntuhan bangunan.

Hal itu disampaikan Kepala BPBD DKI Jakarta Isnawa Adjie seusai acara Pameran Jakarta Tangguh (PJT) di Season City Trade Mall Tambora, Jakarta Barat, pada Sabtu, 15 Juni 2024.

"Tahun ini BPBD membeli salah satu peralatan mereknya misalnya MK4 Finder, ini adalah alat yang dipakai oleh Amerika, alat ini untuk mendeteksi," kata Adjie. 

Menurut Adjie, alat pendeteksi tersebut dibutuhkan untuk menolong korban secepat mungkin. Dia menyebut, alat itu akan dapat mendeteksi korban meski terhalang oleh reruntuhan.

"Alat ini bisa mendeteksi korban gempa dari suhu panas badannya, jadi walaupun dia tertutup oleh ketebalan beton, kita bisa lihat korban yang masih hidup itu ada di titik-titik mana," ungkap dia. 

Adjie mengatakan, alat pendeteksi tersebut sedang dalam proses pembelian lantaran sudah dianggarkan oleh BPBD pada tahun ini. Dia mengaku belum mengetahui ideal pasti jumlah yang harus dibeli. Namun, kemungkinan pihaknya akan membeli 2-3 alat terlebih dulu.

"Saya belum bikin analisis kajian yang demikian ideal ya. Saya berpikir mungkin Jakarta punya dua atau tiga dululah ya kan, sambil kita mencoba alat ini," ujar Adjie. 

Lebih lanjut, dia mengungkapkan, alat itu nantinya dapat digunakan tidak hanya di Jakarta. Melainkan, juga digunakan oleh daerah-daerah yang memiliki keterbatasan anggaran.

"Kita ingin bisa membackup juga selain untuk Jakarta mungkin daerah-daerah lain yang membutuhkan," tandasnya. sinpo

Komentar: