PEMILU DEMOKRATIS

DKPP Sebut Pemilu Berjalan Demokratis Bila Peserta Taat Aturan

Laporan: Sigit Nuryadin
Sabtu, 15 Juni 2024 | 13:36 WIB
Ketua DKPP Heddy Lugito (SinPo.id/ Sigit Nuryadin)
Ketua DKPP Heddy Lugito (SinPo.id/ Sigit Nuryadin)

SinPo.id - Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) RI menyebut Pemilu dan Pilkada bakal berjalan dengan demokratis jika seluruh peserta dalam kontestasi tersebut taat peraturan yang berlaku. 

"Gonjang-ganjing kepemiluan itu lebih banyak bukan pada penyelenggaranya, karena peserta tidak taat aturan itu berinteraksi dengan para penyelenggara," kata Ketua DKPP RI Heddy Lugito dalam keterangannya dikutip Sabtu, 15 Juni 2024.

Menurut dia, hasil pemilu yang kualitasnya menjadi turun lantaran disebabkan integritas penyelenggara pemilu goyah atau mudah dipengaruhi oleh peserta yang ikut kontestasi tersebut. 

"Saya selalu berpesan terhadap teman-teman sekalian penyelenggara pemilu utamanya yang KPU memiliki kualitas integritas di level tertinggi, tidak bisa kurang sedikit pun," tuturnya. 

Lebih lanjut, Heddy berharap, penyelenggara pemilu seperti KPU, tetap menjaga keutuhan pribadi tidak terpengaruh oleh yang berpengaruh dan yang mempengaruhi.

"Siapa pun yang berpengaruh, siapa pun yang mempengaruhi tetaplah pribadi yang utuh, tidak terpengaruh, hanya berpegang teguh pada peraturan perundang-undangan dan kode etik penyelenggara pemilu," ujar Heddy. 

Dia menambahkan, personel penyelenggara pemilu nantinya akan berhasil di pilkada jika bisa melahirkan di daerah masing-masing bupati atau wali kota yang sesuai yang dikehendaki rakyat.

"Indikatornya gampanglah kira-kira, KPU-nya berhasil melahirkan pemimpin daerah yang hebat, kalau nanti kepala daerah yang dilahirkan itu tidak ditangkap KPK," tandasnya. 

 

 sinpo

Komentar: