LAPORAN KUNKER PRABOWO

Prabowo: Negara Afrika Lihat Indonesia sebagai Contoh Keberhasilan

Laporan: Tri Setyo Nugroho
Kamis, 13 Juni 2024 | 22:20 WIB
Menhan Prabowo Subianto (SinPo.id/ Tim Media Prabowo)
Menhan Prabowo Subianto (SinPo.id/ Tim Media Prabowo)

SinPo.id - Menteri Pertahanan (Menhan) RI Prabowo Subianto menyatakan, negara-negara di Afrika menjadikan negara Indonesia sebagai contoh baik yang dapat dijadikan panutan karena dianggap berhasil dalam proses pembangunan. 

Hal itu disampaikan oleh Prabowo usai bertemu dengan Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka, Jalan Medan Merdeka Utara Gambir, Jakarta, Kamis, 13 Juni 2024 sore. Prabowo langsung lapor ke Jokowi sepulangnya dari KTT Gaza di Amman, Yordania dan kunjungan kerja di Jeddah, Arab Saudi. 

Pernyataan itu dikemukakan Prabowo saat ditanya oleh awak media perihal salah satu fokus program kebijakan pemerintahan periode 2024-2029, yakni akan memperluas dan melanjutkan kerja sama yang kuat dengan negara-negara lain, termasuk Afrika.

“Mereka (Afrika) lihat Indonesia ini sebagai suatu contoh keberhasilan negara yang berkembang, negara selatan. Langkah-langkah kita, keberanian kita untuk hilirisasi dan keberpihakan kita untuk selalu bersama rakyat-rakyat yang sedang mengalami kesulitan di dunia ini sangat menarik mereka,” jelas Prabowo.

Ia mengatakan bahwa tak sedikit negara-negara tetangga yang mengundang Prabowo dan termotivasi ingin belajar dan mengirimkan putra putri terbaiknya mengenyam pendidikan di Indonesia untuk mendapatkan bekal ilmu.

“Jadi, mereka banyak mengundang saya, minta bantuan Indonesia, minta dididik di Indonesia. Saya kira lebih ke arah situ,” tutur Prabowo.

Seperti diketahui, sebelumnya Prabowo mengungkap sejumlah poin soal Afrika dalam artikel opini yang ditulisnya dan terbit di media asing _Newsweek_, Rabu (12/6) dengan judul “The Road Ahead for Indonesia.”

Prabowo menekankan bahwa akan fokus khusus pada Afrika, yang ia gambarkan Afrika sebagai sebuah benua yang dekat dengan hatinya dan sebuah negeri yang penuh peluang. 

Namun, yang dimaksud Prabowo adalah memfokuskan dalam hal kemitraan dalam berbagai hal dan bidang yang dapat menguntungkan kedua belah pihak negara.

“Kita dapat saling mendukung, berbagi pengalaman, dan dengan membangun sinergi dan kemitraan, bekerja untuk mentransformasi negara kita," kata Prabowo.sinpo

Komentar: