KEMISKINAN DI INDONESIA

Menkeu: Tingkat Kemiskinan dan Pengangguran di Indonesia Menurun

Laporan: Galuh Ratnatika
Rabu, 12 Juni 2024 | 15:32 WIB
Menkeu Sri Mulyani (SinPo.id/ Ashar)
Menkeu Sri Mulyani (SinPo.id/ Ashar)

SinPo.id - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati, mengatakan tingkat kemiskinan dan pengangguran di Indonesia menurun seiring dengan pertumbuhan ekonomi yang relatif stabil.

Menurutnya, Indonesia tetap menunjukan pertumbuhan yang relatif stabil secara nasional di atas 5 persen selama lebih dari 10 kuartal berturut-turut, di tengah dinamika global yang sangat dinamis dan menantang.

"Kita telah berhasil menurunkan kembali kemiskinan dan pengangguran sesudah mengalami lonjakan akibat pandemi,” kata Menkeu di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, dikutip Rabu 12 Juni 2024.

Ia menjelaskan, dalam proses pemulihan ekonomi, Indonesia mampu menurunkan defisit secara cepat dan menurunkan rasio utang. Sehingga stabilitas ekonomi tetap menunjukkan ketangguhan dan kewaspadaan dalam menghadapi guncangan. 

Dalam hal ini, APBN digunakan sebagai instrumen untuk menjaga stabilitas perekonomian Indonesia menghadapi berbagai guncangan tersebut. Sehingga APBN juga harus tetap dijaga secara prudent agar tetap sehat.

“APBN juga mendukung banyak sekali perbaikan struktural di Indonesia, dari kualitas SDM yang menjadi sasaran paling penting dalam pembangunan kita, meningkatkan produktivitas dan juga untuk meningkatkan kualitas infrastruktur untuk mendukung mobilitas serta efisiensi perekonomian," paparnya.

Sementara untuk menjaga APBN tetap sehat, APBN harus dikelola dengan tiga pilar utama, yakni pendapatan yang harus terus ditingkatkan, spending better belanja yang berkualitas, serta pembiayaan yang prudent dan inovatif. 

Selain itu, harmonisasi pengelolaan APBN dan APBD secara sinergis menjadi landasan bagi pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan dan inklusif melalui pengelolaan yang bijaksana.

“Sinergi APBN dan APBD ini tentu tujuannya adalah untuk terus mendorong pertumbuhan ekonomi di setiap daerah, meningkatkan kesejahteraan di semua daerah, serta mempercepat konvergensi," katanya menambahman.sinpo

Komentar: