Prabowo dan Raja Yordania Bahas Bantuan Kemanusiaan dan Perlindungan untuk Gaza

Laporan: Tim Redaksi
Selasa, 11 Juni 2024 | 11:54 WIB
Menhan Prabowo Subianto melakukan pertemuan dengan Raja Yordania Abdullah II bin Al-Hussein sesaat tiba di Yordania pada Senin, 10 Juni 2024. (SinPo.id/Tim Media)
Menhan Prabowo Subianto melakukan pertemuan dengan Raja Yordania Abdullah II bin Al-Hussein sesaat tiba di Yordania pada Senin, 10 Juni 2024. (SinPo.id/Tim Media)

SinPo.id - Menteri Pertahanan (Menhan) sekaligus presiden terpilih periode 2024-2029 Prabowo Subianto melakukan pertemuan dengan Raja Yordania Abdullah II bin Al-Hussein membahas bantuan kemanusiaan dan perlindungan untuk rakyat Gaza, Palestina di Amman, Yordania pada Senin, 10 Juni 2024.

Pertemuan kedua tokoh ini dilaksanakan dalam rangkaian kegiatan Prabowo mewakili Presiden RI Joko Widodo pada acara konferensi tingkat tinggi "Call for Action: Urgent Humanitarian Response for Gaza" ("Seruan untuk Bertindak: Tanggap Darurat Kemanusiaan untuk Gaza") yang diselenggarakan pada Selasa, 11 Juni 2024 hari ini.

Dalam pertemuan tersebut, Prabowo menyampaikan bahwa Yordania telah menjadi salah satu mitra paling aktif dengan Indonesia dalam memperjuangkan rakyat Palestina.

“Pemerintah Indonesia saat ini juga terus memantau dengan cermat perkembangan yang memburuk di Gaza,” ujar Prabowo.

“Jumlah korban jiwa dan luka terus meningkat. Indonesia sangat prihatin dengan kondisi masyarakat di Gaza yang sangat rentan saat ini,” lanjutnya.

Sementara itu, Raja Abdullah II mengungkapkan terima kasih dan rasa hormatnya atas kehadiran Prabowo di Yordania mewakili Jokowi di acara konferensi tingkat tinggi soal Gaza tersebut.

Keduanya dalam pertemuan itu menekankan pentingnya upaya bersama internasional untuk mengoordinasikan dan meningkatkan pengiriman bantuan kemanusiaan ke Gaza.

Raja Abdullah II pun menggarisbawahi pentingnya konferensi tingkat tinggi tanggap darurat kemanusiaan di Gaza yang akan digelar hari ini dalam menyatukan upaya untuk mengoordinasikan dan meningkatkan bantuan kemanusiaan ke wilayah tersebut, sehingga meringankan kondisi kemanusiaan yang sangat buruk.

Raja Abdullah II juga menekankan perlunya gencatan senjata segera di Gaza dan perlindungan terhadap warga sipil.

Ia pun memuji upaya Indonesia untuk mendorong perdamaian di kawasan dan dukungan Indonesia terhadap Badan Bantuan dan Pekerjaan PBB untuk Pengungsi Palestina (UNRWA), yang membuat Indonesia berperan penting sebagaimana diamanatkan oleh PBB.

Senada dengan apa yang disampaikan Prabowo di IISS Shangri-La beberapa waktu lalu, Raja Abdullah II juga menyorot perlunya cakrawala politik untuk mencapai perdamaian yang adil dan komprehensif berdasarkan solusi dua negara.

Dalam pertemuan tersebut turut hadir Wakil Perdana Menteri sekaligus Menteri Luar Negeri dan Ekspatriat Yordania Ayman Safadi dan Direktur Kantor Raja Yordania Dr. Jaafar Hassan.sinpo

Komentar: