Jelang HUT RI, Kemendagri Canangkan Gerakan Pembagian 10 Juta Bendera Merah Putih

Laporan: Khaerul Anam
Minggu, 09 Juni 2024 | 21:55 WIB
Kemendagri Gelar Pencanangan Gerakan Pembagian 10 Juta Bendera di Penajam Paser Utara (SinPo.id/Kemendgri)
Kemendagri Gelar Pencanangan Gerakan Pembagian 10 Juta Bendera di Penajam Paser Utara (SinPo.id/Kemendgri)

SinPo.id - Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) melalui Direktorat Jenderal (Ditjen) Politik dan Pemerintahan Umum (Polpum) menggelar Pencanangan Gerakan Pembagian 10 Juta Bendera Merah Putih Tahun 2024. Kegiatan ini dalam rangka menyemarakkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia. Pencanangan ini berlangsung di Lapangan Kantor Bupati Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur (Kaltim), Sabtu, 8 Juni 2024.

“Jadi inikan kabupaten terdekat dengan ibu kota negara, bisa kita katakan juga penyangganya atau buffer-nya, sehingga kita lebih menyuarakan kepada seluruh Indonesia bahwa ini [ibu kota negara yang baru] supaya lebih dikenal,” ujar Pelaksana Harian (Plh.) Direktur Jenderal (Dirjen) Polpum Togap Simangunsong dalam keterangannya, Minggu, 9 Juni 2024,

Togap mengatakan, kegiatan ini merupakan langkah untuk mengawali Gerakan Pembagian 10 Juta Bendera Merah Putih yang akan berlangsung di seluruh Indonesia. “Di sini kita start awalnya untuk seluruh Indonesia, kemudian nanti puncaknya sekitar nanti pada tanggal 17 Agustus yang akan datang,” imbuhnya.

Dia menyebutkan, total bendera Merah Putih yang telah disebarkan di Kabupaten Penajam Paser Utara sebanyak 1.500 buah. Togap berharap, dengan adanya gerakan ini dapat meningkatkan rasa nasionalisme seluruh masyarakat Indonesia dan memperkuat rasa cinta kepada bendera Merah Putih.

“Bendera inikan lambang negara kita, jadi bagaimanapun ini akan lebih kita tingkatkan [rasa] semangat nasionalisme,” tutupnya.

Pencanangan gerakan ini ditandai dengan kirab Bendera Merah Putih dari Masjid Agung Al Ikhlas Kabupaten Penajam Paser Utara menuju Lapangan Upacara Kantor Bupati Penajam Paser Utara. Kirab ini dibuka langsung oleh Penjabat (Pj.) Bupati Penajam Paser Utara Makmur Marbun.

Kegiatan ini diikuti oleh lebih kurang 1.500 peserta dari berbagai kalangan yang turut serta membawa bendera Merah Putih. Mereka di antaranya pasukan drumband, Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka), perwakilan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), organisasi kemasyarakatan (Ormas), siswa-siswi SD, SMP, dan SMA, serta masyarakat umum.

Kirab ini ditutup dengan penyerahan bendera Merah Putih yang dibawa oleh Paskibraka kepada Plh. Dirjen Polpum Kemendagri, Pj. Bupati Penajam Paser Utara, dan Wakil Kepala Kepolisian Resor (Wakapolres) Penajam Paser Utara.sinpo

Komentar: