LKPI: Elektabilitas Peniel Waker Tertinggi Di Kabupaten Puncak Papua Tengah

Laporan: Tim Redaksi
Minggu, 09 Juni 2024 | 23:45 WIB
Peniel Waker (tengah berkemeja ungu) (Sinpo.id/Tim Media)
Peniel Waker (tengah berkemeja ungu) (Sinpo.id/Tim Media)

SinPo.id -  Lembaga Kajian Pemilu Indonesia (LKPI) merilis hasil survei terkait preferensi publik Kabupaten Puncak, Papua Tengah jelang Pilkada 2024

Penelitian dilakukan dengan mengunakan  observasi metadata dan survey terhadap 880 Kabupaten Puncak yang ada di 20 distrik.

Direktur LKPI Togu Lubis mengatakan dari hasil temuan survei diketahui, nama Kadinsos Kabupaten Puncak, Papua Tengah, Peniel Waker meraih elektabilitas tertinggi. Bahkan ia juga menjadi Top of Mind warga Kabupaten Puncak, Papua Tengah.

"Hasil survei terkait tingkat elektabilitas tokoh bakal calon bupati Kabupaten Puncak dengan mengunakan simulasi pertanyaan terbuka pada 880 responden nama Peniel Waker menjadi calon bupati Kabupaten Puncak Top Of Mind (Paling Diingat) Masyarakat Kabupaten Puncak," kata Togu dalam keterangan resminya, Minggu, 9 Juni 2024.

Adapun hasil survei tersebut terdiri dari 5 nama antara lain: Peniel Waker dengan 30,8  persen; Menase Wandik dengan 20,3 persen; Pelinus Belinal 16,2 persen; Danius Tabuni 8,8 persen; Elvis Tabuni 4,6 persen.

"Untuk tokoh lainnya dijumlah mencapai 7,7 persen dan yang tidak memilih 11,6 persen," ucap Togu.

Jika mengacu pada survei Top of Mind warga Kabupaten Puncak, Papua Tengah, maka wajar saja jika Peniel Waker meraih suara tertinggi dari responden.

"Peniel Waker menjadi tokoh yang paling banyak mendapat dukungan dengan tingkat keterpilihan 39,2 persen. Kemudian urutan kedua Menase Wandik 24,7 persen; Pelinus Belinal 12,3 persen; Elvis Tabuni 5,2 persen; Danius Tabuni 4,7 persen dan tidak memilih 13,9 persen," jelas dia.

Menanggapi survei LKPI Pengamat politik Institute for Digital Democracy (IDD), Bambang Arianto menilai bahwa Peniel Waker dianggap mampu memimpin Puncak, Papua karena kinerjanya sebagai Kadinsos terbukti melakukan tugasnya dengan baik kepada masyarakat.

"Ya bukti nyata Paniel Waker melalui kinerjanya sebagai kadis Sosial sudah terlihat bahwa telah melakukan tugasnya dengan baik dan memberikan perhatian kepada masyarakat Papua," kata Bambang kepada awak media.

Bambang menyebutkan, bahwa peluang menang sebagai bupati Puncak, Paniel Waker sangat besar jika Paniel terus melakukan program dan bekerja untuk masyarakat Kabupaten Puncak, Papua.

"Peluang Paniel Waker menang besar jika ditunjang dengan program dan bekerja untuk masyarakat Kabupaten Puncak, Papua," tukas Bambang.

Sebagai informasi, survei ini dilakukan dengan metodes ampel acak berstrata (Stratified Random Sampling) terhadap populasi daftar pemilih tetap di kabupaten Puncak pada pemilu 2024. Survei ini memiliki margin of error 3.3 dan Tingkat kepercayaan 95 persen.sinpo

Komentar: