ASN DKI Diharapkan Jadi Agen Perubahan Kampanye Hidup Sehat di Jakarta

Laporan: Sigit Nuryadin
Minggu, 09 Juni 2024 | 18:53 WIB
ASN Pemprov DKI (SinPo.id/Beritajakarta)
ASN Pemprov DKI (SinPo.id/Beritajakarta)

SinPo.id - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) berharap Aparatur Sipil Negara (ASN) DKI mampu menjadi agen perubahan (agent of change) untuk kampanye gaya hidup sehat dengan berjalan kaki. 

"Mudah-mudahan ASN DKI akan mampu menjadi 'agent of change' untuk kampanye gaya hidup sehat di Jakarta," kata Kepala Dinkes DKI Jakarta Ani Ruspitawati dalam keterangannya, Minggu, 9 Juni 2024.

Adapun Pemprov DKI Jakarta meraih rekor dari Museum Rekor Indonesia (MURI) melalui tantangan berjalan kaki 7.500 langkah per hari selama 14 hari yang diikuti ASN terbanyak yakni sekitar 2.947 orang. 

"Sekitar 5000 peserta dan hari ini ada pemecahan rekor MURI untuk jalan kaki 7500 langkah per hari oleh ASN terbanyak," ungkap dia. 

Menurut dia, tantangan berjalan kaki 7.500 langkah per hari selama 14 hari menjadi bagian dari Kampanye Jakarta BERJAGA (Bergerak, Bekerja, Berolahraga dan Bahagia) yang dimulai pendaftarannya sejak 28 April 2024 hingga 22 Mei 2024 dan acara puncaknya berlangsung pada Minggu, 9 Juni 2024, hari ini. 

Lebih lanjut, Ani berharap, agar kegiatan itu bukan akhir tapi adalah awal dari kampanye bersama agar Jakarta memiliki masyarakat yang sehat, aktif dan produktif. 

Ani pun berujar, kegiatan puncak Jakarta BERJAGA bersinergi dengan Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang diadakan Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta. Menurut dia, ada kaitan yang erat antara gaya hidup sehat dan kontribusi pada lingkungan khususnya kualitas udara.

"Kegiatan hari ini juga bersinergi dengan Dinas Lingkungan Hidup karena antara kesehatan dan lingkungan hidup adalah sesuatu yang sangat 'bestie'. Ketika kita punya gaya hidup sehat maka tentu kita punya kontribusi yang sangat luar biasa terhadap kualitas udara yang ada di Jakarta," ujar Ani.sinpo

Komentar: