PERAN MEDIA

Fadel Tegaskan Media Berperan Penting Menyajikan Informasi ke Publik

Laporan: Juven Martua Sitompul
Sabtu, 08 Juni 2024 | 07:45 WIB
Wakil Ketua MPR RI Fadel Muhammad (SinPo.id/ Ashar)
Wakil Ketua MPR RI Fadel Muhammad (SinPo.id/ Ashar)

SinPo.id - Wakil Ketua MPR RI Fadel Muhammad menyampikan terima kasih kepada media yang telah membantu lembaganya dalam menyiarkan informasi kepada publik. Dia menilai media berperan penting mencerdaskan kehidupan masyarakat, khususnya dalam menyajikan informasi-informasi yang relevan.

"Saya atas nama pimpinan MPR menyampaikan terima kasih kepada saudara-saudara sekalian yang selama ini ikut membantu MPR dalam mempublikasikan berita yang relevan itu," kata Fadel saat memberikan pidato dalam acara Media Gathering bertajuk 'Media Sebagai Mitra Strategis Dalam Keterbukaan Informasi Publik' di Cihampelas, Bandung, Jawa Barat, Jumat malam, 7 Juni 2024.

Fadel juga membagikan pengalamannya sebagai seorang wartawan yang aktif menulis sejak sekolah di ITB dan kemudian mendirikan media Warta Group, termasuk di antaranya Warta Ekonomi. 

"Jadi saya sangat mengetahui permasalahan yang ada dan bagaimana mengambil keputusan untuk bangsa dan negara terutama mempublikasikan berita-berita," ucap dia.

Menyoroti kondisi sekarang, Fadel berpandangan harus ada sesuatu yang ditinggalkan jajaran di lembaganya untuk para penerus di MPR.

"Saat ini kita menjelang akhir bertugas, sebagai pimpinan MPR, kita merasa perlu ada sesuatu yang kita tinggalkan untuk penerus di MPR," katanya.

Fadel mengungkapkan sejauh ini MPR telah mengadakan pertemuan dengan berbagai pihak, termasuk mantan presiden, wakil presiden, dan mantan pimpinan MPR, serta pimpinan partai dan tokoh-tokoh politik. Tujuannya, untuk mendapatkan masukan terkait rencana amandemen UUD 1945.

Namun demikian, Fadel menyampaikan bahwa upaya tersebut mengalami hambatan. Terutama, dalam konteks situasi Pandemi Covid-19 dan kondisi ekonomi yang belum stabil. 

"Beberapa kali kita pernah rapat dengan presiden, tetapi presiden Jokowi mengatakan keadaan tidak terlalu bagus. Kita mengalami Covid, keadaan ekonomi seperti begini jangan nanti timbul kegaduhan, maka akhirnya kami menahan diri," katanya.

Media Gathering kali ini menjadi momen penting dalam memperkuat hubungan antara MPR dan media. Terutama, dalam menggarap isu-isu yang relevan bagi kepentingan publik.sinpo

Komentar: