PENEMBAKAN OPM

OPM Kembali Tembak Seorang Prajurit TNI di Yahukimo

Laporan: Tio Pirnando
Jumat, 07 Juni 2024 | 15:15 WIB
Praka RU, anggota Kodim 1715/Yahukimo, korban penembakan OPM (SinPo.id/ Satgas Damai Cartenz)
Praka RU, anggota Kodim 1715/Yahukimo, korban penembakan OPM (SinPo.id/ Satgas Damai Cartenz)

SinPo.id - Kapendam XVII/Cenderawasih Letkol Inf Candra Kurniawan mengatakan, personil TNI-Polri kini melakukan pengejaran terhadap anggota Organisasi Papua Merdeka (OPM) yang melakukan penembakan terhadap prajurit, Praka RU, personel Kodim 1715/Yahukimo. Penembakan terjadi Kamis kemarin, di jalan Seradala, Distrik Dekai, Kabupaten Yahukimo, Papua Pegunungan. 

"Korban Pratu RU mengalami luka tembak di bagian kaki kiri, dan saat ini dirawat di RSUD Dekai," jelas Kapendam XVII/Cenderawasih Letkol Inf Candra Kurniawan, Jumat, 7 Juni 2024. 

Candra menyampaikan, pihaknya belum dapat mengidentifikasi OPM yang menembak itu dari kelompok. Karena masih didami.

"Pengejaran terus dilakukan guna menangkap anggota OPM yang menjadi pelaku penembakan," kata Kapendam.

Terpisah, Kasatgas Humas Damai Cartenz AKBP Bayu Suseno  menjelaskan, penembakan prajurit TNI di Dekai dilakukan oleh KKB Kodap XVI Yahukimo di Dekai, Kamis, pukul 18.20 WIT, di jalan Seradala, Kilometer 2, Distrik Dekai, Kabupaten Yahukimo, Papua Pegunungan.

"Korban yang merupakan anggota Kodim 1715/Yahukimo ditembak KKB Kodap XVI Yahukimo di bagian paha sebelah kiri," kata AKBP Bayu.

Organisasi Papua Merdeka (OPM) merupakan penyebutan di lingkungan TNI dan kalangan Polri, namun masih sering disebut kelompok kriminal bersenjata (KKB). Kelompok itu saat ini berjuang memisahkan Papua dari NKRI.sinpo

Komentar: