Doli: Basuki Jadi Plt Otorita IKN untuk Persiapan Upacara Kemerdekaan

Laporan: Juven Martua Sitompul
Rabu, 05 Juni 2024 | 14:41 WIB
Ketua Komisi II DPR RI Ahmad Doli Kurnia. (SinPo.id/Parlementaria)
Ketua Komisi II DPR RI Ahmad Doli Kurnia. (SinPo.id/Parlementaria)

SinPo.id - Ketua Komisi II DPR Ahmad Doli Kurnia menilai penunjukan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono sebagai Plt Kepala Otorita IKN Nusantara untuk menuntaskan tantangan pembangunan IKN. Terutama, merampungkan proses kesiapan upacara kemerdekaan pada 17 Agustus 2024.

"Menurut saya dipilihnya Pak Basuki sebagai Plt Kepala dan Raja Juli Antoni sebagai Plt Wakil kan ini sementara saja ya, dugaan saya mungkin ini untuk bisa mempersiapkan sampai tanggal 17 Agustus yang sudah dalam waktu dekat ini kan. Mungkin bisa jadi ya memang kan bicara tantangan utamanya kan soal konstruksi pembangunan, mau sampai 17 Agustus itu," kata Doli saat dihubungi wartawan, Jakarta, Rabu, 5 Juni 2024.

Doli berpandangan penunjukan Basuki sebagai Kepala Otorita IKN sementara sudah tepat. Apalagi, proses pembangunan konstruksi IKN selama ini dikoordinasi oleh Kementerian PUPR.

"Nah menurut saya tepat untuk sampai masa transisi 17 Agustus setelah itu mungkin nanti kita serahkan sepenuhnya ke Pak Jokowi," kata dia.

Di sisi lain, Doli mengaku mahfum jika pergantian kepala Otorita IKN tak bisa ditunda terlalu lama. Terlebih, untuk pemerintahan periode sekarang, keputusan penunjukan Kepala Otorita IKN memang masih jadi kewenangan presiden. 

"Kalau nanti periode berikutnya itu (penentuan Kepala Otorita IKN) melalui DPR. Nah untuk tahap pertama ini kan saya kira memang membutuhkan cepat ya, makanya kita kasih kewenangan ke presiden (menunjuk Kepala Otorita IKN)," kata Doli.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) buka suara mengenai mundurnya Kepala Otorita IKN Bambang Susantono. Jokowi mengatakan Bambang mundur karena alasan pribadi.

"Ditanyakan ke Bapak Bambang dan Pak Dhony karena alasannya, alasan pribadi," ujar Jokowi.sinpo

Komentar: