PDIP Buka Peluang Gabung Gerindra Dukung Kang Emil di Pilkada Jakarta

Laporan: Juven Martua Sitompul
Selasa, 04 Juni 2024 | 16:37 WIB
Mantan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (SinPo.id/Pemprov Jabar)
Mantan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (SinPo.id/Pemprov Jabar)

SinPo.id - PDI Perjuangan (PDIP) membuka pintu untuk bekerja sama dengan siapapun terkait Pilkada Jakarta. Termasuk, 'berduet' dengan Gerindra untuk mengusung mantan Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil (Kang Emil) pada Pilgub Jakarta.

"Kita partai politik, khususnya PDIP siap bekerja sama dengan siapapun, khususnya setelah melihat peta lapangannya seperti apa," kata Ketua DPP PDIP Puan Maharani di Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa, 4 Juni 2024.

Puan mengatakan partainya akan berpikir realistis terkait pengusungan sosok untuk di pilkada. Apalagi, kekuatan partainya di setiap daerah tidak sama.

"Ya harus realistis bagaiamana melihat situasi di lapangan, karena setiap daerah itu wilayahnya itu beda-beda, ini kira-kira peluangnya ada di wilayah mana," ucap dia.

Sebelumnya, Ketua Harian Partai Gerindra Dasco mengungkapkan partainya memberikan rekomendasi kepada Ridwan Kamil untuk maju di Pilgub Jakarta. Dasco mengatakan Gerindra ingin mengusung Ridwan Kamil bersama kader internal di Pilgub Jakarta.

"Soal posisi Kang Emil itu sudah Gerindra putuskan dan diberikan rekomendasi untuk maju di Pilkada DKI," kata Dasco.

Ridwan Kamil sendiri saat ini menjabat sebagai Wakil Ketua Umum Golkar. Golkar saat ini masih mempertimbangkan Ridwan Kamil untuk maju di Jakarta atau Jawa Barat.

Dasco meyakini Golkar akan memberikan rekomendasi akhir kepada RK untuk maju di Pilgub Jakarta. Dia yakin Golkar dan Gerindra tidak akan berbeda sikap soal Ridwan Kamil.sinpo

Komentar: