Dasco: Pertemuan Prabowo-Kang Emil Bahas Pembangunan IKN ke Depan

Laporan: Juven Martua Sitompul
Selasa, 04 Juni 2024 | 14:28 WIB
Ketua Harian DPP Partai Gerindra, Dasco. (SinPo.id/Galuh Ratnatika)
Ketua Harian DPP Partai Gerindra, Dasco. (SinPo.id/Galuh Ratnatika)

SinPo.id - Ketua Harian Partai Gerindra Dasco mengungkap isi pertemuan presiden terpilih Prabowo Subianto dengan mantan Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil (Kang Emil). Pertemuan untuk membahas pembangunan IKN.

"Ya, kalau Kang RK kemarin ada bicara mengenai bagaimana kemudian IKN ke depan terutama dari sisi planologi," kata Dasco di Kompleks Parlemen, Jakarta pada Selasa, 4 Juni 2024.

Dari dialog itu, kata Dasco, banyak hak yang dipahami Prabowo untuk melanjutkan pembangunan IKN ke depan. Wakil Ketua DPR RI menepis kemungkinan Kang Emil menjadi Kepala Otorita IKN definitif.

Menurutnya, Partai Gerindra akan merekomendasikan Kang Emil maju sebagai calon gubernur di Pilkada Jakarta.

"Bahwa kemudian soal posisi Kang Emil itu sudah Gerindra putuskan dan diberi rekomendasi untuk maju di Pilkada DKI," ucap dia.

Dasco menuturkan untuk posisi Kepala Otorita IKN definitif masih menunggu dinamika ke depan. Dasco belum dapat memastikan Kepala Otorita IKN definitif akan dipilih oleh Presiden Jokowi atau presiden terpilih Prabowo.

"Ya kan kalau sekarang ini masih plt, kan. Ya nanti kita lihat dinamikanya gimana," kata dia.

Sebelumnya, Kang Emil mengungkap isi pertemuan dengan Presiden terpilih Prabowo Subianto beberapa waktu lalu. Dia memastikan pertemuan keduanya tidak membahas terkait Pilkada 2024.

"Saya ketemu Pak Prabowo itu, Pak Prabowo meminta saya menerangkan IKN, karena sebagai presiden terpilih beliau harus paham IKN seperti apa plus-minusnya," kata Kang Emol beberapa waktu lalu.

BERITALAINNYA
BERITATERKINI