PILKADA JAKARTA

PSI Tunggu Keputusan Kaesang Terkait Pilkada Jakarta

Laporan: Sigit Nuryadin
Sabtu, 01 Juni 2024 | 21:51 WIB
Ketum PSI Kaesang Pangarep (SinPo.id/ Antara)
Ketum PSI Kaesang Pangarep (SinPo.id/ Antara)

SinPo.id - Partai Solidaritas Indonesia (PSI) menyatakan masih menunggu keputusan Ketua Umum Kaesang Pangarep untuk maju pada Pilkada Jakarta 2024, bersama Wakil Ketua Umum DPP Partai Gerindra Budisatrio Djiwandono.

"Masih menunggu sikap keputusan Mas Kaesang terkait masalah ini," kata Wakil Ketua Umum PSI Andy Budiman dalam keterangannya dikutip Sabtu, 1 Juni 2024.

Menurut Andy, partainya juga akan melihat kesepakatan dari partai-partai politik yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Maju (KIM) terlebih dahulu.

"Sikap politik PSI juga akan melihat kesepakatan dan arahan dari partai-partai senior di Koalisi Indonesia Maju atau KIM. Kami percaya apa yang terbaik bagi masyarakat maka PSI akan ikut berjuang di sana," tuturnya.

Terkait poster Budisatrio Djiwandono bersama Kaesang untuk Pilkada Jakarta, dia menganggap sebuah kode politik. Namun, Andy menyebut PSI ikut bangga atas munculnya nama putera bungsu Presiden Joko Widodo itu dalam bursa nama Pilkada 2024.

"Kode-kode politik adalah hal yang biasa, PSI tentu senang dan berbangga nama Mas Kaesang, ketua umum kami, beredar di tengah-tengah masyarakat yang menginginkan agar menjadi kepala daerah, seperti di Depok, Bekasi, Surabaya, dan terakhir di DKI Jakarta," ujar Andy.

Sebelumnya, Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Habiburokhman angkat bicara ihwal adanya poster Budisatrio Djiwandono berpasangan dengan Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep untuk Pemilihan Gubernur (Pilgub) DKI Jakarta 2024.

Habiburokhman mengatakan, poster tersebut merupakan aspirasi dari akar rumput yang ingin disampaikan kepada Gerindra. 

Terkait poster Pak Budi Djiwandono dengan Mas Kaesang ya, saya pikir itu sebagai bentuk penyampaian adanya aspirasi masyarakat kepada kami (Gerindra)," kata Habiburokhman kepada wartawan, Kamis, 30 Mei 2024.

Kendati demikian, kata dia, keputusan resmi Partai Gerindra akan diumumkan oleh Ketua Harian Dasco, usai ada arahan dari Ketua Umum Prabowo Subianto. 

"Adapun keputusan resmi nanti akan diumumkan Pak Dasco berdasarkan putusan Pak Prabowo pada saatnya," ungkap dia.sinpo

Komentar: