AKSI SOLIDARITAS PALESTINA

Aksi Solidaritas Palestina di Kedubes AS, Polri Terjunkan 1.120 Personel

Laporan: Tri Setyo Nugroho
Sabtu, 01 Juni 2024 | 15:37 WIB
Aksi solidaritas Palestina di depan Kedubes AS (SinPo.id/ Humas Polres Jakpus)
Aksi solidaritas Palestina di depan Kedubes AS (SinPo.id/ Humas Polres Jakpus)

SinPo.id - Polri menerjunkan 1.120 personel untuk mengamankan Aksi Solidaritas Palestina dari Koalisi Indonesia Bela Baitul Maqdis (KIBBM) di depan Dubes AS, Jalan Merdeka Selatan, Gambir, Jakarta Pusat, Sabtu, 1 Juni 2024.

Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Pol Susatyo Purnomo Condro mengatakan, untuk rekayasa lalu lintas nantinya bersifat situasional tergantung kondisi di lapangan. Jika ekskalasi meningkat, polisi akan menutup Jalan Merdeka Selatan.

"Maka kami imbau untuk masyarakat yang akan melintas di depan Kedubes AS Jalan Merdeka Selatan, agar mencari jalan alternatif lainnya. Dikarenakan akan ada aksi penyampaian pendapat di depan Kedubes AS" ujar Susatyo dalam keterangannya.

Susatyo juga mengimbau peserta aksi untuk memperhatikan hak-hak masyarakat lainnya. Peserta juga diminta untuk tertib dalam menyampaikan pendapat.

"Sebagaimana diatur dalam Undang-Undang penyampaian pendapat hak setiap warga negara, tentunya harus memperhatikan hak-hak masyarakat lainnya, sehingga aturan dalam Undang-Undang penyampaian pendapat di muka umum harap di patuhi," kata dia.

Untuk personel Polri yang bertugas, Susatyo meminta untuk bertindak persuasif, tidak terprovokasi, mengedepankan negoisasi, pelayanan serta humanis. Personel juga tidak ada yang membawa senjata api.

"Perintah dan kendali dari saya sebagai Kapamwil, tidak ada gerakan tambahan yang bersifat pribadi. Layani saudara kita yang akan menyampaikan pendapatnya dengan tulus ikhlas dan humanis," katanya.sinpo

Komentar: