Pasukan Israel Kuasai Seluruh Zona Perbatasan Gaza dan Mesir

Laporan: Galuh Ratnatika
Kamis, 30 Mei 2024 | 08:34 WIB
Tank-tank Israel bermanuver di sekitar zona perbatasan antara Gaza dan Mesir. (SinPo.id/Reuters)
Tank-tank Israel bermanuver di sekitar zona perbatasan antara Gaza dan Mesir. (SinPo.id/Reuters)

SinPo.id - Pasukan Israel telah menguasai zona di sepanjang perbatasan antara Jalur Gaza dan Mesir. Hal itu memberikan Israel otoritas yang efektif atas seluruh perbatasan darat wilayah Palestina.

Israel juga terus melakukan serangan mematikan di Rafah meskipun ada perintah dari Mahkamah Internasional untuk mengakhiri serangan terhadap kota tersebut. Pasalnya, Rafah telah menjadi tempat pengungsian bagi penduduk Gaza.

Pasukan Israel bahkan telah pindah ke jantung kota Rafah tanpa memberikan jaminan keamanan bagi para pengungsi atau pun menyediakan air, dan obat-obatan.

Penduduk Rafah mengatakan, tank-tank Israel telah bergerak ke Tel Al-Sultan di barat dan Yibna serta dekat Shaboura sebelum akhirnya mundur menuju zona di perbatasan antara Gaza dengan Mesir.

“Kami menerima panggilan darurat dari warga di Tel Al-Sultan di mana drone menargetkan warga yang mengungsi saat mereka pindah dari daerah tempat mereka tinggal menuju daerah aman,” kata wakil direktur layanan darurat di Rafah, Haitham al Hams, dilansir dari Reuters pada Kamis, 30 Mei 2024.

Selain itu, Menteri Kesehatan Majed Abu Raman juga mendesak Washington untuk menekan Israel untuj membuka penyeberangan Rafah agar bantuan kemanusiaan dapat masuk. Karena banyak pasien sekarat di Gaza akibat kurangnya peralatan medis.

Sementara Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken mengatakan, Israel perlu menyusun rencana pascaperang untuk Gaza atau mengambil risiko pelanggaran hukum akibat dari kekacauan yang mereka buat. sinpo

Komentar: