KECELAKAAN BUS PARIWISATA

DPR Minta Kecelakaan Bus Pariwisata Jadi Perhatian Serius

Laporan: Juven Martua Sitompul
Rabu, 29 Mei 2024 | 16:57 WIB
Evakuasi korban kecelakaan bus di Palasari Subang (SinPo.id/Antara)
Evakuasi korban kecelakaan bus di Palasari Subang (SinPo.id/Antara)

SinPo.id - Anggota Komisi V DPR Syarief Abdullah Alkadrie meminta insiden kecelakaan bus pariwisata yang belakangan marak terjadi mendapat perhatian serius semua pihak. Pengawasan dari lembaga terkait harus ditingkatkan guna menekan peristiwa serupa terulang.

"Saya harap supaya Kementerian Perhubungan (Kemenhub) maupun dari pihak kepolisian yang menangani lalu lintas, hal seperti ini harus menjadi concern dan pengawasan harus dilakukan sesuai SOP," kata Syarief kepada wartawan, Jakarta, Rabu, 29 Mei 2024.

Syarief bahkan menyesalkan jika bus-bus tersebut untuk kepentingan komersil. Padahal, kata dia, sebelum dioperasikan pemilik perusahaan bus seharusnya melapor kepada Dinas Perhubungan setempat dan pihak kepolisian.

Pelaporan penting agar kendaraan tersebut termonitor dan dalam kategori layak jalan. Tak hanua itu, perusahaan bus juga harus memastikan sopir dalam keadaan fit. 

Menurut Syarief, SOP yang ada sudah baik, seperti pengawasan timbangan, kecepatan serta kelengkapan keselamatan kendaraan. Namun, kelemahan ada pada saat pelaksanaan di lapangan. 

Legislator fraksi Partai NasDem ini meminta setiap kelalaian ditindak tegas. Tindakan tegas harus dilakukan guna memberikan efek jera dan kejadian serupa bisa diminimalisir.

"Kita tidak mau lagi terjadi hal serupa. Ini kan kader-kader bangsa anak-anak ini. Ini tentu merupakan suatu peringatan kepada para stakeholder (pemangku kepentingan) yang membidangi ini untuk betul-betyl ke depan harus mengawal ini, jangan sampai terulang," tegas Syarief.

Sebelumnya, insiden kecelakaan bus study tour para siswa belakangan marak terjadi. Teranyar, Sebuah bus rombongan study tour pelajar asal Cirebon terbakar di parkir Senopati, Yogyakarta. 

BERITALAINNYA
BERITATERKINI