Dermaga Penyaluran Bantuan di Lepas Pantai Gaza Rusak

Laporan: Galuh Ratnatika
Rabu, 29 Mei 2024 | 12:27 WIB
Dermaga yang digunakan untuk menyalurkan bantuan kemanusiaan ke Gaza. (SinPo.id/US Army)
Dermaga yang digunakan untuk menyalurkan bantuan kemanusiaan ke Gaza. (SinPo.id/US Army)

SinPo.id - Dermaga yang dibangun Amerika Serikat (AS) di lepas pantai Gaza untuk mengirimkan bantuan kemanusiaan kepada warga Palestina yang kelaparan rusak akibat cuaca yang buruk. Sehingga tidak dapat beroperasi untuk sementara waktu.

Pentagon mengatakan, dermaga tersebut saat ini ditarik dari pantai dan dikirim ke kota Ashdod di Israel selatan untuk menjalani perbaikan, yang diperkirakan akan memakan waktu setidaknya lebih dari seminggu, dan struktur dermaga tersebut akan ditambatkan kembali ke pantai setelahnya.

"Sejak beroperasi, ia berfungsi, dan kami mengalami semacam badai yang membuatnya tidak dapat dioperasikan untuk sementara waktu. Mudah-mudahan dalam seminggu lebih sedikit, kita bisa kembali aktif," kata juru bicara Pentagon, Sabrina Singh, dilansir dari ABC News, Rabu 29 Mei 2024.

Juru bicara Program Pangan Dunia PBB mengatakan, sejak dermaga tersebut mulai beroperasi, PBB telah mengangkut 137 truk bantuan dari dermaga. Menurutnya, Itu adalah salah satu dari sedikit cara untuk menyalurkan pasokan ke warga Palestina yang dilanda kelaparan selama perang.

Pasalnya, dua penyeberangan utama di Gaza selatan, yakni Rafah dari Mesir dan Kerem Shalom dari Israel, tidak beroperasi atau sebagian besar tidak dapat diakses karena terjadi pertempuran di dekatnya ketika Israel mendesak ke Rafah. sinpo

Komentar: