Indonesia Kirim 186 Atlet ke ASEAN Schools Games 2024

Laporan: Tim Redaksi
Selasa, 28 Mei 2024 | 05:11 WIB
ASEAN Schools Games
ASEAN Schools Games

SinPo.id -  Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI Dito Ariotedjo mengukuhkan dan melepas Kontingen Pelajar Indonesia ASEAN Schools Games (ASG) 2024 di Auditorium Wisma Kemenpora, Senin 27 Mei 2024 siang. Kontingen atlet pelajar Indonesia ini akan bertanding dalam ajang ASG ke-13 yang berlangsung di Da Nang, Vietnam, mulai 31 Mei sampai 9 Juni 2024.

“Pada hari ini, Senin tanggal 27 Mei tahun 2024, saya Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia, dengan resmi mengukuhkan dan melepas Kontingen Pelajar Indonesia pada 13th ASEAN Schools Games di Da Nang, Vietnam 2024. Semoga Tuhan yang Maha Esa menyertai perjuangan kita bersama,” ucap Menpora mengukuhkan kontingen.

Pengukuhan dan pelepasan ini ditandai proses penyerahan bendera Merah Putih dari Menpora Dito secara estafet kepada Ketua Kontingen atau Chef de Mission (CdM) ASG 2024 Andri Paranoan. Diikuti penciuman bendera oleh perwakilan masing-masing cabang olahraga (cabor).

“Kemenpora sangat bangga dan senang dapat melepas para atlet pelajar Indonesia yang penuh semangat, putra-putri terbaik yang membawa nama Indonesia di 13th ASEAN Schools Games Danang 2024, Vietnam,” tutur Menpora.

Dalam laporannya, CdM ASG 2024 Andri Paranoan menyampaikan Indonesia mengikuti enam cabang olahraga (cabor), dengan 107 nomor yang dipertandingkan. Keenam cabor itu meliputi atletik, renang, bola basket, bulu tangkis, pencak silat, dan vovinam.

“ASEAN Schools Games tahun 2024 adalah ASEAN Schools Games edisi ke-13 yang akan diselenggarakan pada tanggal 31 Mei sampai 9 Juni 2024 di Da Nang Vietnam. Pembukaan akan dilaksanakan pada tanggal 1 Juni 2024, serta penutupan yang akan dilaksanakan pada tanggal 7 Juni 2024,” terang CdM Andri.

Dijelaskan, Kontingen Indonesia berjumlah 186 orang, terdiri dari 131 atlet, 23 pelatih, 6 manajer, 15 headquarters, dan 11 senior ministry officials. Para atlet yang akan bertanding membela Tanah Air ini berasal dari pembinaan yang dilakukan oleh Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah.

“Kami laporkan cabang olahraga bola basket menjadi cabang olahraga yang akan berangkat terlebih dahulu ke ASEAN Schools Games Vietnam pada tanggal 29 mei 2024 dan akan memulai pertandingan pada tanggal 31 Mei 2024,” papar CdM Andri.

Sedangkan rombongan besar Kontingen Indonesia untuk ASG 2024 akan berangkat pada tanggal 30 Mei 2024 dengan lima cabang olahraga.

“Terima kasih kepada Bapak Menteri Pemuda dan Olahraga yang telah memberikan kepercayaan kepada saya untuk menjadi ketua Kontingen Indonesia pada ASEAN Schools Games 2024. Semoga amanah ini dapat kita laksanakan dengan sebaik-baiknya,” tandas CdM Andri.

Hadir dalam pengukuhan dan pelepasan Kontingen Indonesia ini di antaranya Deputi 3 Bidang Pembudayaan Olahraga Rudy Sufahriadi, Deputi 4 Bidang Peningkatan Prestasi Surono, Staf Khusus Bidang Peningkatan Prestasi dan Pengembangan Industri Olahraga Ardima Rama Putra, Staf Khusus Bidang Komunikasi dan Hubungan Internasional Alia Noorayu Laksono, serta para pejabat eselon II Kemenpora.

Turut hadir Kepala Dispora Jawa Barat Asep Sukmana, Waketum 1 PB FVI Siddiq, Sekjen Bapopsi dr Bayu Rahadian, Sekjen PB PASI Tigor Tanjung, Sekjen PB IPSI Teddy Suratmadji, Waketum PP Perbasi George Fernando Dendeng, dan Kabid Binpres PBSI Ricky Soebagjasinpo

Komentar: