UKT Batal Naik Tahun Ini, Jokowi Minta Nadiem Evaluasi Agar Bisa Diringankan

Laporan: Khaerul Anam
Senin, 27 Mei 2024 | 22:49 WIB
Presiden Jokowi (SinPo.id/YouTube Setpres)
Presiden Jokowi (SinPo.id/YouTube Setpres)

SinPo.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan hasil pembicaraanya dengan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Riset dan Teknologi Nadiem Makarim terkait polemik kenaikan Uang Kuliah Tunggal (UKT) di Istana Negara, Jakarta, Senin, 27 Mei 2024.

Jokowi menyebut, kenaikan UKT pada tahun ini akan dievaluasi di Kemendikbudristek terlebih dahulu. Menurutnya, kenaikan UKT juga dibatalkan dan bakal diatur ulang.

"Mendikbud UKT sementara ini yang kenaikannya sangat tinggi itu dibatalkan dan akan diatur untuk bisa diringankan, teknisnya tanyakan ke Mendikbud intinya itu sudah dibatalkan," kata Jokowi kepada awak media, Senin, 27 Mei 2024.

Hanya saja, Jokowi menyebut, kemungkinan kenaikan UKT akan diberlakukan pada tahun depan. Saat ini Kemendikbud juga melakukan pengkajian dan perhitungan.

"Kemungkinan ini (UKT) akan dievaluasi dulu, kemudian kenaikan setiap universitas akan dikaji dan dikalkulasi sehingga kemungkinan, ini masih kemungkinan, nanti ini kebijakan di Mendikbud akan dimulai kenaikannya tahun depan. Jadi ada jeda tidak langsung seperti sekarang ini," papar Jokowi.

Sebelumnya, Mendikbudristek Nadiem Makarim bertemu dengan Presiden Jokowi untuk membahas soal kenaikan UKT di Istana Negara, Jakarta. 

Usai pertemuan, Nadiem menyampaikan bahwa pemerintah resmi membatalkan kenaikan UKT pada tahun ini. "Kami Kemendikbud Ristek telah mengambil keputusan untuk membatalkan kenaikan UKT di tahun ini," ujar Nadiem.sinpo

Komentar: