Rayakan Waisak, Ribuan Umat Buddha Pawai di Borobudur

Laporan: Tim Redaksi
Jumat, 24 Mei 2024 | 02:50 WIB
Borobudur (Indonesia Travel)
Borobudur (Indonesia Travel)

SinPo.id -  Ribuan masyarakat, para Bhikkhu, perwakilan majelis Buddha memenuhi jalanan di sekitar Borobudur. Mereka berkumpul untuk mengikuti prosesi arak-arakan atau pawai sebagai rangkaian prosesi Waisak 2568 BE.

"Kita akan melakukan pawai dari Candi Mendut menuju Candi Borobudur. Jalan kaki ini jauhnya sekitar 2 - 3 kilometer. Semoga semua berjalan lancar," kata Dirjen Bimas Buddha Supriyadi, di Magelang, Kamis 23 Mei 2024

"Kita berharap, ribuan warga, masyarakat Buddha seluruhnya, dapat ikut merasakan kebahagiaan, kedamaian pada perayaan Waisak 2568 BE ini," sambung Supriyadi.​​​​​​

Dirjen Bimas Buddha, Supriyadi, para pimpinan majelis Buddha, para Bhikkhu, rohaniwan berada dibarisan terdepan, diikuti kereta yang berisikan persembahan puja yang akan dibawa ke Candi Borobudur dari Candi Mendut.

Sumarni, masyarakat muslim di Borobudur turut merasakan kemeriahan dan kebahagiaan melihat dan menyaksikan pawai ini. Dia turut serta dalam barisan berjalan kaki dari Candi Mendut menuju Candi Borobudur.

"Saya sangat senang, setiap perayaan Waisak selalu ikut pawai. Semoga membawa kebaikan bagi seluruh masyarakat," kata Sumarni.

 sinpo

Komentar: