Fadli Zon Kecam Israel Hancurkan Akses Air Bersih Palestina

Laporan: Galuh Ratnatika
Selasa, 21 Mei 2024 | 23:46 WIB
Ketua Badan Kerja Sama Antar-Parlemen (BKSAP) DPR RI, Fadli Zon. (SinPo.id/Parlementaria)
Ketua Badan Kerja Sama Antar-Parlemen (BKSAP) DPR RI, Fadli Zon. (SinPo.id/Parlementaria)

SinPo.id - Ketua Badan Kerja Sama Antar-Parlemen (BKSAP) DPR RI, Fadli Zon, menyayangkan penutupan akses air besih di Palestina akibat dari gempuran Israel yang secara terus-menerus menghancurkan sumber air dan pipa air.

Bahkan, Israel juga melarang masyarakat Palestina untuk mengumpulkan air hujan. Ia menilai, aturan tersebut tidak masuk akal dan melanggar hak asasi manusia. 

“Kesejahteraan dan perdamaian dunia dapat terwujud salah satunya melalui akses air bersih yang berkelanjutan dan inklusif. Untuk itu, saya mengajak parlemen dunia yang hadir memperkokoh kerjasama global untuk memastikan ketahanan air di tengah dunia global yang penuh ketidakpastian seperti saat ini," kata Fadli di Nusa Dua, Bali seperti dikutip dari situs DPR RI pada Selasa, 21 Mei 2024.

Ia menegaskan masalah air adalah masalah politik. Maka dari itu, komitmen dan aksi politik yang nyata, harus segera dilakukan, karena air bersih adalah hak seluruh masyarakat dunia, dan merupakan elemen vital untuk mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDGs) yang dicanangkan oleh PBB.

Saat ini dunia tengah menghadapi isu akses air minum bersih dan sanitasi. Hal ini tentu berdampak signifikan terhadap kesejahteraan, kesehatan, lingkungan, dan ekonomi global. Dengan demikian, pemerataan air bersih harus segera diwujudkan.sinpo

Komentar: