Perdana Menteri Slovakia Dikabarkan Masih dalam Kondisi Serius Usai Ditembak OTK

Laporan: Galuh Ratnatika
Minggu, 19 Mei 2024 | 06:26 WIB
Sumber: Reuters
Sumber: Reuters

SinPo.id -  Menteri Kesehatan Slovakia, Zuzana Dolinková, mengatakan Perdana Menteri Slovakia Robert Fico, saat ini masih dalam kondisi serius, namun dengan fungsi organ yang bekerja stabil, setelah menjalani operasi dua jam untuk mengangkat jaringan mati dari beberapa luka tembak.

“Kondisi perdana menteri stabil, namun kondisinya masih serius,” kata Dolinková, dilansir dari The Guardian, Minggu 19 Mei 2024.

Sementara Menteri Pertahanan Slovakia, Robert Kaliňák, mengatakan Fico belum dapat dibawa ke ibu kota, Bratislava, mengingat kondisinya yang masih serius.

Sebelumnya, Fico ditembak oleh seorang pria tak dikenal saat dia menyapa pendukungnya setelah mengikuti pertemuan pemerintah pada hari Rabu di bekas kota pertambangan batu bara Handlova. Bahkan serangan tersebut juga mendapat kecaman dari para pemimpin dunia.

Fico sendiri diketahui merupakan tokoh politik yang dinilai telah memecah belah masyarakat Slovakia saat ia kembali berkuasa tahun lalu. Kepemimpinannya dengan platform yang pro-Rusia dan anti-Amerika menimbulkan kekhawatiran di antara sesama anggota Uni Eropa dan NATO.

Mereka khawatir Slovakia di bawah kepemimpinan Fico akan meninggalkan sikap negaranya yang pro-Barat, khususnya mengenai dukungan untuk Ukraina.

Pasalnya, pada awal invasi besar-besaran Rusia yang dimulai pada Februari 2022 lalu, Slovakia adalah salah satu pendukung paling setia Ukraina, tetapi Fico menghentikan pengiriman senjata ke Ukraina ketika ia kembali berkuasa,

Selain itu, ia juga banyak membuat kebijakan politik yang kontoversial, seperti merombak penyiaran publik, dan menghilangkan jaksa khusus anti-korupsi. Hal itu memicu demontrasi besar-besaran masyarakat Slovakian, hingga munculnya ketegangan di antara mereka.sinpo

Komentar: