Iran Tahan 250 Orang Terkait 'Jaringan Setanisme'

Oleh: VOA INDONESIA
Minggu, 19 Mei 2024 | 04:20 WIB
Iran
Iran

SinPo.id -  Polisi Iran mengumumkan, Jumat 17 Mei 2024, bahwa mereka menangkap lebih dari 250 orang, termasuk tiga orang asing, karena mempromosikan "setanisme" di sebelah barat ibu kota Iran, Teheran, media pemerintah melaporkan.

“Pusat Informasi Polisi mengumumkan pengidentifikasian, pembongkaran, dan penangkapan luas terhadap anggota jaringan setan,” kantor berita negara IRNA melaporkan, mengutip pernyataan polisi.

Polisi menangkap "146 pria dan 115 wanita" yang "berada dalam kondisi yang tidak layak dan tidak senonoh dengan lambang, tanda, dan simbol setan pada pakaian, kepala, wajah, dan rambut mereka," kata pernyataan itu.

"Tiga warga negara Eropa" juga ditangkap dalam operasi polisi di Kota Shahryar, sebelah barat Teheran, pada Kamis (16/5) malam.

Polisi menambahkan “simbol setanisme, minuman beralkohol dan zat psikoaktif serta 73 kendaraan disita” dalam penggerebekan tersebut.

Penggerebekan terhadap apa yang disebut pertemuan “setan” kerap terjadi di negara yang sangat konservatif tersebut. Penggerebekan sering kali menargetkan pesta atau konser dengan konsumsi alkohol, yang sebagian besar dilarang di Iran.

Pada Juli 2009, polisi menangkap tiga orang di provinsi barat laut Ardebil terkait "pemujaan Setan."

Pada Mei tahun yang sama, media di Republik Islam itu mengatakan 104 "penyembah setan" ditangkap dalam penggerebekan di sebuah konser di Kota Shiraz di selatan di mana orang-orang konon meminum alkohol dan "menghisap darah".

Pada 2007, polisi menangkap 230 orang dalam penggerebekan di sebuah konser rock ilegal di sebuah taman dekat Teheran. [ft/ah]sinpo

Komentar: