Indonesia Loloskan Dua Wakil ke Thailand Open 2024

Laporan: Tim Redaksi
Sabtu, 18 Mei 2024 | 01:06 WIB
Thailand Open
Thailand Open

SinPo.id -  Indonesia hanya dapat berharap kepada ganda putri dan ganda campuran untuk meraih gelar juara Thailand Open 2024. Itu pun jika dua wakil "Merah Putih" yang tersisa di turnamen level BWF World Tour Super 500 itu, Febriana Dwipuji Kusuma/Amallia Cahaya Pratiwi (Ana/Tiwi) dan Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari, mampu melalui tantangan berat pada babak empat besar.

Tiket semifinal bagi wakil Indonesia diraih Rinov/Pitha seusai mengalahkan pasangan senegara, Dejan Ferdinansyah/Gloria Emanuelle Widjaja. Mereka menang straight games 21-19, 23-21 dalam tempo 54 menit. "Bersyukur bisa menang. Tetapi saya belum puas dengan penampilan hari ini," kata Rinov kepada tim Humas dan Media PP PBSI, usai pertandingan yang berlangsung di Nimibutr Stadium, Bangkok, Thailand, Jumat 17 Mei

"Kami belum bisa bermain baik. Di awal-awal banyak mati sendiri dan membuang poin. Hal itu yang harus menjadi bahan evaluasi buat kami," jelasnya.

Pitha berpendapat, mereka saling mengetahui kelebihan dan kelemahan masing-masing karena pernah berlatih bersama. "Ini merupakan pertemuan ketiga dan di dua pertemuan sebelumnya juga harus bermain rubber. Memang tidak mudah melawan mereka yang juga tidak gampang mati," tanggapnya.

"Meskipun begitu saya bersyukur bisa melewati babak ini. Hanya tetap ada yang harus dibenahi. Tadi ada pola-pola permainan yang seharusnya tidak mati tetapi malah mati sendiri," Pitha, menambahkan.

Sementara, Ana/Tiwi menjaga tren kemenangan setelah menghentikan pasangan Taiwan, Chang Ching Hui/Yang Ching Tun, dua gim langsung 21-16, 21-12. "Kami bermain baik hari ini dan bisa menang. Apa yang dipersiapkan sejak awal bisa ditampilkan di lapangan. Kami bisa bermain nyaman," tanggap Ana.

Tiwi pun meluapkan rasa senang karena dapat memetik kemenangan dan melaju ke babak empat besar. Inilah capaian semifinal perdana di turnamen level Super 500 bagi kedua pemain. "Meskipun begitu kami tidak boleh cepat merasa puas sampai di sini saja. Besok masih ada pertandingan babak semifinal yang pasti lebih keras dibanding hari ini," katanya.

Sementara, wakil Indonesia lainnya, yaitu Gregoria Mariska Tunjung dan Komang Ayu Cahya Dewi di nomor tunggal putri serta Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati dan Jafar Hidayatullah/Aisyah Salsabila Putri Pranata di sektor ganda campuran, kandas di babak delapan besar.

Berikut jadwal pertandingan para wakil Indonesia di babak empat besar Thailand Open 2024:

Guo Xin Wa/Chen Fang Hui (China/5) vs. Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari (Indonesia/2)

Febriana Dwipuji Kusuma/Amallia Cahaya Pratiwi (Indonesia/3) vs. Rin Iwanaga/Kie Nakanishi (Jepang/2)sinpo

Komentar: