Presiden Rusia Berkunjung ke China Pekan Ini

Oleh: VOA Indonesia
Rabu, 15 Mei 2024 | 07:12 WIB
Presiden Rusia Vladimir Putin menghadiri pertemuan dengan Presiden China Xi Jinping di Beijing, China (SinPo.id/reuters)
Presiden Rusia Vladimir Putin menghadiri pertemuan dengan Presiden China Xi Jinping di Beijing, China (SinPo.id/reuters)

SinPo.id - Kementerian Luar Negeri China mengatakan Presiden Rusia Vladimir Putin akan melakukan kunjungan resmi ke negara itu akhir pekan ini.

Kementerian tersebut mengatakan, Putin akan tiba di Beijing, Kamis, 16 Mei 2024, untuk kunjungan selama dua hari atas undangan Presiden China Xi Jinping.

Kunjungan ini akan menjadi kunjungan luar negeri pertama Putin, sejak dia terpilih kembali pada Maret untuk masa jabatan kelimanya, dan merupakan kunjungan kedua ke China dalam enam bulan.

Sebelumnya, Putin juga telah berkunjung ke Beijing pada Oktober tahun lalu untuk menghadiri forum Inisiatif Sabuk dan Jalan yang diselenggarakan Presiden Xi.

Inisiatif ini telah diluncurkan sejak 2013 untuk mendorong perdagangan dan investasi dengan meningkatkan jaringan transportasi China ke wilayah lain di seluruh dunia.

Hanya beberapa pekan sebelum pasukan Rusia menginvasi Ukraina pada Februari 2022, Xi dan Putin menandatangani sebuah perjanjian, yang mendeklarasikan kemitraan bilateral keduanya yang “tanpa batas".

Sejak saat itu, China telah menjadi mitra paling terpercaya di sektor ekonomi dan diplomatik bagi Rusia, ketika negara-negara Barat meningkatkan sanksi pembatasan ekonomi sebagai respons terhadap invasi itu.sinpo

Komentar: