PILKADA SERENTAK 2024

PKB Uji Kelayakan Bakal Calon Kepala Daerah untuk Pilkada 2024

Laporan: Juven Martua Sitompul
Selasa, 14 Mei 2024 | 11:08 WIB
Bendera PKB (SinPo.id/ Dok. PKB)
Bendera PKB (SinPo.id/ Dok. PKB)

SinPo.id - Dewan Pengurus Pusat (DPP) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) melanjutkan Uji Kelayakan dan Kepatutan (UKK) Bakal Calon Kepala Daerah (Bacakada) untuk Pilkada serentak 2024. Dalam UKK itu, Bacakada yang telah mendaftar diminta memaparkan visi dan misi.

"Ya, DPP PKB sudah mulai menggelar Uji Kelayakan dan Kepatutan Bacakada mulai minggu lalu. Ini semua sesuai arahan Ketum Gus Muhaimin, bagaimana kita bisa mencari sosok calon pemimpin yang betul-betul layak," kata Ketua Bidang Hukum dan Perundang-undangan DPP PKB Cucun A Syamsurijal dalam keterangan tertulis, Jakarta, Selasa, 14 Mei 2024.

Ketua Fraksi PKB DPR RI itu menerangkan UKK digelar sebagai salah satu sarana untuk menguji pengetahuan dan juga pengalaman Bacakada sebelum bertarug di Pilkada 2024. Cucun juga menegaskan seluruh Bacakada yang mendaftar di PKB dipastikan akan mengikuti UKK.

"Semuanya kita beri peluang dan kesempatan memaparkan visi misi. Semakin baik visi misinya, pengetahuannya, pengalamannya, tentu semakin besar diusung PKB nanti," kata dia.

Menurutnya, sudah 40 Bacakada yang sudah diuji oleh jajaran pengurus DPP PKB sejak dibuka minggu lalu. Dia menyebut tidak sedikit di antara mereka bukan kader PKB.

"Sudah 40-an Bacakada yang kami uji, mulai dari Bacakada Provinsi, maupun Kabupaten/Kota. Dan bukan cuma kader (PKB) ya, malah banyak di antaranya itu adalah tokoh-tokoh dari luar PKB," katanya.

Cucun mengatakan antusiasme Bacakada yang mendaftar di PKB menjadi bukti jika PKB memang punya magnet politik yang menjanjikan. Cucun optimistis PKB bisa meraih kemenangan di Pilkada 2024.

"Kalau kita lihat dari yang sudah mendaftar, ini menjadi bukti kalau PKB memang menarik di mata Bacakada. Apalagi di Pemilu lalu suara PKB naik cukup signifikan. Kami menjadi semakin optimis PKB akan menang," ucap Cucun.

Sejumlah Bacakada yang sudah mengikuti UKK di PKB antara lain, Hengki Irawan (Bakal Calon Bupati Ogan Komering Ulu Selatan), Hj. Rini Syarifah (Bakal Calon Bupati Blitar), H. Warsubi, S.H., M.Si. (Bakal Calon Bupati Jombang), Dr. Ir. Raden Bagus Fattah Jasin, M.S. (Bakal Calon Bupati Pamekasan).

Kemudian, Louise Lucky Taolin, S.Sos (Bakal Calon Bupati Malaka), Yohanis Uly Kale (Bakal Calon Bupati Sabu Raijua), Drz Simoen Thobias Pally (Bakal Calon Bupati Alor), Drs. Niga Dapa Wole (Bakal Calon Bupati Sumba Barat), serta H. Syafrudin Noor, SE., S.Sos. (Bakal Calon Bupati Hulu Sungai Selatan).sinpo

Komentar: