Kementan Optimalkan Pemberian Alsintan ke Petani

Laporan: Galuh Ratnatika
Jumat, 10 Mei 2024 | 23:00 WIB
Alsintan
Alsintan

SinPo.id -  Inspektur Jenderal (Irjen) Kementerian Pertanian (Kementan), Setyo Budiyanto, menyatakan akan mengoptimalkan pemberian bantuan alat dan mesin pertanian (Alsintan) kepada para petani, serta memastikan distribusi pupuk dapat tepat sasaran.

Selain menyalurkan bantuan Alsintan ada beberapa hal yang perlu dikerjakan guna meningkatkan produktivitas pertanian, seperti mengecek dan penempatan pompa air, hingga persiapan masa tanam.

"Kami harus memastikan distribusi pupuk tepat sasaran, kemudian mengecek luas lahan dan terakhir saat panen nantinya tidak ada kendala dan sesuai target, sehingga antara biaya yang dikeluarkan relevan dengan hasil yang dicapai," kata Setyo, dikutip Jumat 10 Mei 2024.

Selain itu, sebagai sebagai penanggungjawab Satgas Antisipasi Darurat Pangan ia menilai upaya mitigasi dan risiko di lapangan sangat penting untuk dibahas. Namun melihat  kondisi yang ada di lapangan.

:Petani sangat berharap bahwa pemerintah hadir membantu kegiatan mereka dengan ketersediaan alat, benih dan pupuk. Faktor lain yang mendukung adalah keterlibatan TNI Polri sehingga diharapkan ketersediaan beras nantinya tercukupi yang akan berpengaruh pada semua aktivitas masyarakat berjalan dengan baik," ungkapnya.

 sinpo

Komentar: