Jumlah Penumpang di 20 Bandara AP II Diperkirakan Tembus 1 Juta pada Momen Libur Panjang

Laporan: Tim Redaksi
Jumat, 10 Mei 2024 | 06:16 WIB
Bandar Udara (SinPo.id/AP II)
Bandar Udara (SinPo.id/AP II)

SinPo.id - PT Angkasa Pura II (AP II) memprediksi jumlah penumpang di 20 bandara yang dikelola tembus 1 juta penumpang pada periode libur panjang akhir pekan atau Long Weekend Kenaikan Isa Almasih pada 9-12 Mei 2024.

Pejabat Pengganti Sementara (Pgs) SVP of Corporate Secretary AP II Cin Asmoro menyebut, jumlah penumpang ini naik 15 persen dibandingkan dengan hari normal.

"Jumlah penumpang di 20 bandara AP II pada long weekend 9-12 Mei diperkirakan mencapai 1 juta orang. Sementara, untuk jumlah penerbangan diproyeksikan sebanyak 6.823 penerbangan," kata Asmoro dalam keterangannya di Jakarta, Kamis, 9 Mei 2024.

Asmoro mengatakan seluruh bandara AP II memastikan ketersediaan slot time atau ketersediaan waktu keberangkatan dan kedatangan di bandara guna mengakomodir permintaan penerbangan.

"AP II selaku operator bandara telah berkoordinasi dengan stakeholder lainnya, khususnya maskapai agar layanan penerbangan pada long weekend 9-12 Mei dapat berjalan dengan baik," ujarnya.

Apabila dinilai perlu, lanjut Asmoro, kapasitas kursi penerbangan dapat selalu ditingkatkan melalui penerbangan tambahan (extra flight) yang dioperasikan maskapai.

"AP II bersama maskapai berupaya untuk memastikan kapasitas penerbangan dapat memenuhi permintaan yang meningkat pada long weekend ini," paparnya.

Khusus Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) yang merupakan bandara terbesar dan tersibuk di Indonesia, jumlah penumpang pesawat diperkirakan menyentuh 643.841 orang dengan pergerakan pesawat sebanyak 4.096 penerbangan.

Asmoro menuturkan pada periode sibuk tersebut, seluruh bandara AP II tetap fokus pada sejumlah titik penting untuk memastikan terjaganya aspek pelayanan, keamanan, dan keselamatan.

"Fasilitas di sisi udara (air side) dan sisi darat (land side) dipastikan siap. Begitu juga dengan kecukupan personel di seluruh bandara," tandasnya.sinpo

Komentar: