Menlu RI Dorong Penguatan Kerja Sama Pembangunan dengan Papua Nugini

Laporan: Galuh Ratnatika
Kamis, 09 Mei 2024 | 11:58 WIB
Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi bertemu Menteri Luar Negeri Papua Nugini, Justin Tkatchenko. (SinPo.id/dok Kemlu)
Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi bertemu Menteri Luar Negeri Papua Nugini, Justin Tkatchenko. (SinPo.id/dok Kemlu)

SinPo.id - Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi, mendorong penguatan kerja sama pembangunan dengan Papua Nugini, melalui pelaksanaan sejumlah proyek hibah Pemerintah Indonesia di bidang kesehatan, infrastruktur, dan pendidikan.

Ia juga menjelaskan beberapa perkembangan pelaksanaan proyek hibah Indonesia di Papua Nugini, antara lain rencana modernisasi Port Moresby General Hospital, renovasi stasiun pemadam kebakaran dan fasilitas pengelolaan limbah di Vanimo, serta renovasi sekolah dasar di Wutung. 
“Program bantuan hibah kepada Papua Nugini merupakan bagian dari komitmen Indonesia untuk memperkuat kerja sama pembangunan di kawasan Pasifik," kata Menlu, dalam pertemuan bersama Menteri Luar Negeri Papua Nugini, Justin Tkatchenko, dikutip Kamis 9 Mei 2024.

Merespons proyek hibah tersebut, Menlu Tkatchenko menyampaikan terima kasih atas bantuan hibah Pemerintah Indonesia. Karena baginya, Indonesia merupakan mitra penting bagi Papua Nugini.

Seperti diketahui, pertemuan keduanya berlangsung dalam Joint Ministerial Commission (JMC), di Jayapura. JMC merupakan pertemuan bilateral yang secara reguler dilakukan pada tingkat Menlu kedua negara. Hingga saat ini, pertemuan JMC RI-PNG telah diselenggarakan sebanyak empat kali.sinpo

Komentar: