Liga Champions

Real Madrid ke Final Usai Menang Dramatis Lawan Bayern Munchen

Laporan: Khaerul Anam
Kamis, 09 Mei 2024 | 04:45 WIB
Selebrasi Joselu usai cetak gol ke gawang Bayern Munchen (SinPo.id/The Telegraph)
Selebrasi Joselu usai cetak gol ke gawang Bayern Munchen (SinPo.id/The Telegraph)

SinPo.id - Real Madrid melaju ke babak Final Liga Champions setelah menumbangkan Bayern Munchen dengan skor 2-1. Raksasa Jerman itu kalah dengan agregat gol 4-3 setelah pada pertandingan leg pertama kedua tim bermain imbang 2-2.

Pertandingan leg kedua antara Real Madril vs Bayern Munchen berlangsung di Stadion Santiago Bernabeu, Kamis, 9 Mei 2024, dini hari WIB. Los Blancos akan bertemu Borussia Dortmund yang lebih dulu mengamankan tiket di babak final. 

Anak asuh Carlo Ancelotti tertinggal lebih dulu lewat gol yang dicetak Alphonso Davies di menit ke-68. Namun Madrid berhasil membalikan keadaan lewat dua gol yang dicetak Joselu pada menit ke-88 dan 90+1.

Jalannya pertandingan

Jual beli serangan terjadi di antara kedua tim di babak pertama. Bermain di publik sendiri, intensitas serangan Madrid lebih banyak dari pada tim tamu. Kedua tim sama-sama menargetkan kemenangan setelah sebelumnya di leg pertama bermain imbang 2-2.

Manuel Neuer mejadi sosok penting yang membuat Bayern tak kebobolan di sepanjang babak pertama. Neuer beberapa kali melakukan penyelamatan penting, termasuk menghalau tendangan Vinicius Jr. dan Rodrygo. Kedua tim bermain imbang tanpa gol di babak pertama.

Dibabak kedua, Madrid masih mendominasi permainan. Beberapa kali sekema serangan yang dibuat mengancam gawang yang dijaga Neuer. Sedangkan Bayern hanya sesekali mengancam lewat serangan balik.

Bayern lebih dulu mencetak gol pada menit ke-68, melalui Alphonso Davies. Pemain asal Kanada itu mencetak gol lewat skema serangan cepat. Ia menerima umpan panjang dari Harry Kane.

Davies dengan kecepatannya bergerak ke kotak penalti. Bek Madrid, Antonio Rudiger mencoba menutup gerak. Namun, Davies berhasil mengecoh dan melepaskan tembakan kaki kanan ke arah tiang jauh. Lunin tak mampu menghalau dan bola pun masuk ke gawang.

Madrid sempat menyamakan kedudukan di menit ke-73. Namun gol di anulir usai wasit melakukan pemantauan lewat monitor VAR. Sebelum gol tercipta, Nacho lebih dulu melanggar Joshua Kimmich di kotak penalti.

Merespon ketertinggalan, Carlo Ancelotti menurunkan Joselu dan Brahim Diaz untuk meningkatkan serangan. Bayern merespon dengan memasukkan Kim Min Jae menggantikan Musiala untuk memperkuat pertahanan.

Gol penyeimbang Madrid tercipta di menit ke-88. Tendangan keras Vinicius Jr dari luar kotak penalti tak mampu ditangkap dengan sempurna oleh Manuel Neuer sehingga memantul. Joselu yang berada tepat didalam kotak penalti dengan cepat menyambar bola liar sebelum Neuer sempat menangkapnya kembali.

Real Madrid makin agresif setelah berhasil menyamakan kedudukan. Tiga menit berselang, gol kedua tercipta, lagi-lagi melalui Joselu. Ia menerima umpan silang dari Rudiger dan mencetak gol di dekat gawang.

Wasit sempat menyatakan offside. Namun setelah melakukan pengecekan bersama melalui VAR, gol akhirnya disahkan dan Madrid unggul 2-1. Hingga babak perpanjangan waktu usai, tidak ada gol tambahan tercipta.sinpo

Komentar: