CASN 2024 Mulai Dibuka, Bawaslu Bakal Rekrut Sesuai Keahlian dan Kebutuhan

Laporan: Sigit Nuryadin
Selasa, 07 Mei 2024 | 19:43 WIB
Gedung Bawaslu RI. (SinPo.id/Dok. Bawaslu)
Gedung Bawaslu RI. (SinPo.id/Dok. Bawaslu)

SinPo.id - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI berharap perekrutan calon aparatur sipil negara (CASN) tahun 2024 bagi Bawaslu dapat berjalan baik sesuai kebutuhan kelembagaan. 

Anggota Bawaslu Herwyn JH Malonda menyebut, formasi bagi CASN Bawaslu yang meliputi calon pegawai negeri sipil (CPNS) dan calon pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) diatur berdasarkan keahlian, berdasarkan kebutuhan, dan mempunyai kompetensi.

"Tahun ini kita sebagai salah salah satu dari sepuluh lembaga negara yang menerima CASN terbesar. Untuk itu, perlu ada sosialisasi agar transparan dan tidak ‘bongkar pasang’ dalam pelaksanaannya nanti. Formasi diatur berdasarkan keahlian, berdasarkan kebutuhan, dan mempunyai kompetensi,” ujar Herwyn dalam keterangannya, Selasa, 7 Mei 2024.

Menurut dia, akan ada pula pengaturan sumber daya manusia dari ASN untuk kebutuhan empat daerah otonom baru (DOB) di Papua.

"Bukan tidak mungkin akan diisi dari luar Papua yang mempunyai SDM banyak,” tuturnya.

Lebih lanjut, Herwyn mengungkapkan, perlunya hubungan harmonis jajaran anggota Bawaslu dengan kesekretariatan. Bagi dia, hal tersebut sangat penting meingat tahun ini ada dua agenda besar kerja-kerja pengawasan pemilu dan pemilihan gubernur, bupati, dan wali kota atau biasa disebut pilkada.

“Tahun ini ada dua agenda besar. Pertama kita menyelesaikan pengawasan pemilu yang saat ini dalam tahapan sengketa hasil di MK yang bisa saja ada penghitungan atau pemungutan suara ulang sampai seluruhnya selesai dan pelantikan, maka kita akan membuat laporan pertanggungjawaban," ungkap Herwyn. 

"Kedua, ada pengawasan pilkada, sehingga butuh ekstra kerja keras. Ini butuh konsentrasi termasuk teman-teman sekretariat,” sambungnya. 

Dia menambahkan, beban tugas pengawas pemilu yang besar tahun ini membutuhkan hubungan harmonis antara jajaran sekretariat dengan anggota Bawaslu. 

“Mari kita bekerja sama mulai dari perencanaan, pelaksanaan, pertanggungjawaban, dan evaluasi dalam pengawasa pemilu dan pilkada,” ujarnya. sinpo

Komentar: