Pilkada 2024

JJI: Dendi Suryadi Teratas dalam Survei Calon Bupati Kukar

Laporan: Tim Redaksi
Selasa, 07 Mei 2024 | 13:04 WIB
Dendi Suryadi saat menjabat sebagai Danrem 091/ASN (Sinpo.id/Prokal)
Dendi Suryadi saat menjabat sebagai Danrem 091/ASN (Sinpo.id/Prokal)

SinPo.id -  Jaringan Jurnalis Indonesia (JJI) merilis hasil survei mereka bertema "Mengukur Preferensi Publik Kutai Kartanegara Jelang Pilkada 2024".

Survei tersebut mengukur preferensi publik terhadap tokoh-tokoh bakal calon bupati di Pilkada Kukar 2024 digelar dalam rentang waktu sejak tanggal 15 hingga 27 April 2024.

Koordinator JJI Agusta Irawan keluar sebagai bakal calon bupati dengan torehan suara tertinggi dalam survei tersebut.

"Hasil survei menemukan bahwa
Ketika responden ditanya secara terbuka  dengan pertanyaan siapa calon Bupati Kutai Kartanegara yang akan dipilih dalam Pilkada 2024, sebanyak 25,8 persen memilih mantan Komandan Korem 091/ASN Brigjen TNI Dendi Suryadi," ujar Agusta dalam keterangan tertulisnya, Selasa, 7 Mei 2024.

Nama Dendi dalam survei ini ditempel ketat oleh mantan Bupati Kukar, Edi Damansyah dengan raihan 23,1 persen suara.

Kemudian disusul Wakil Bupati, Rendi Solihin 12,6 persen; selanjutnya, politisi perempuan PDIP Masniyah 10,7 persen; Seno Aji 5,9 persen; M. Andi Faisal 4,6 persen.

Selanjutnya, Alif Turiadi 1,8 persen; Muhammad Syahrun 1,4 persen; dan Ali Hamdi 1,1 persen.

"Adapun responden yang belum memilih sebanyak 10,7 persen," kata Agusta.

Agusta menjabarkan dalam survei ini elektabilitas bakal calon sangat ditentukan dari profesi, kapasitas, kompetensi dan jejak rekam yang dimiliki.

Fakta itu terlihat dalam survei preferensi pemilih dalam menentukan siapa calon bupati yang dipilih oleh warga kabupaten Kukar.

Sementara itu, pada uji simulasi untuk mengetahui kemantapan pemilih dengan pertanyaan tertutup, Agusta mengungkapkan responden yang menjawab dan memilih calon bupati Kukar mendapatkan hasil yang tak jauh berbeda.

"Hasilnya sebanyak 30,8 persen memilih mantan Mantan Komandan Korem 091/ASN Brigjen TNI Dendi Suryadi, lalu di urutan kedua ada nama Bupati Kutai Kartanegara Edi Damansyah dipilih sebanyak 26,2," kata dia.

Kemudian, disusul Ketua DPRD Kukar Abdul Rasyid dengan 9,7 persen; Wakil Bupati Kukar Rendi Solihin 7,4 persen.

Politisi PDIP Masniyah 3,2 persen; Seno Aji 3,9 persen; M Andi Faisal  2,1 persen;
Alif Turiadi 1,3 persen; Muhammad Syahrun 1,1 persen; Ali Hamdi 1,1 persen.

Menanggapi hasil survei JJI, Pengamat Politik dan Dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Mulawarman (UNMUL), Budiman menilai unggulnya mantan Komandan Korem 091/ASN Brigjen TNI Dendi Suryadi karena dirinya mampu memperlihatkan kinerja di mata masyarakat Kukar selama menjabat sebagai Danrem 091 (Kaltim).

"Ya, beliau mampu memperlihatkan kinerjanya di mata masyarakat Kutai Kartanegara selama menjadi Kasdim, Dandim 0906/Kukar lalu terakhir sebagai Danrem 091 (Kaltim)," kata Budiman kepada wartawan, Kamis, 2 Mei 2024.

Budiman mengatakan, bahwa Dendi Suryadi telah membangun citra sosial kepada masyarakat Kutai Kartanegara dengan kegiatan sosial yang dilakukannya selama ini. Perannya sebagai Kasdim dan Dandim Tenggarong serta terakhir sebagai Danrem 091 Kaltim juga sangat disenangi masyarakat.

"Citra sosial Dendi Suryadi melalui kegiatan sosial bagi masyarakat dan perannya sebagai Kasdim Tenggarong & Dandim Tenggarong serta terakhir sebagai Danrem 091 Kaltim juga disenangi masyarakat Kukar," ucap Budiman.

Sebagai informasi, survei ini mengambil sampel dari 1.440 responden yang dipilih dengan metode multistage random sampling dari Populasi jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) untuk Pemilu 2024 sebanyak 543.063.

Para responden tersebar di seluruh kabupaten Kukar yang dikelompokkan lagi berdasarkan desa/kelurahan kemudian dipilih secara acak berdasarkan klaster pada 5 RT. Selanjutnya dipilih acak 2 kepala keluarga yang memiliki hak pilih baik laki-laki maupun perempuan untuk diwawancarai

Survei ini memiliki margin 0f error +/- 2,58 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen. sinpo

Komentar: