AKSI PRO-PALESTINA

Mahasiswa Inggris Gelar Aksi Pro-Palestina di Oxford dan Cambridge

Laporan: Galuh Ratnatika
Selasa, 07 Mei 2024 | 08:59 WIB
Aksi mahasiswa pro Palestina di Universitas Oxford (SinPo.id/ Reuters)
Aksi mahasiswa pro Palestina di Universitas Oxford (SinPo.id/ Reuters)

SinPo.id - Mahasiswa Inggris mendirikan perkemahan sebagai bentuk aksi protes pro-Palestina di kampus bersejarah Universitas Oxford dan Cambridge, yang sekaligus menunjukkan solidaritas mereka terhadap mahasiswa di seluruh Amerika Serikat (AS).

Para mahasiswa mulai mendirikan tenda di halaman kampus mereka sejak Senin 6 Mei 2024, pagi. Pada sejumlah tenda, terpampang bendera Palestina, dan sebagian bendera juga ditancapkan di tanah.

"Kami bergabung dengan 100 universitas di seluruh dunia untuk memprotes perang Israel di Gaza, yang telah menewaskan lebih dari 34.700 warga Palestina," kata seorang mahasiswa, dilansir dari Reuters, Selasa 7 Mei 2024.

Namun, aksi protes di Inggris sangat kontras dengan apa yang terjadi di Amerika. Baik di Universitas Oxford maupun Cambridge sama sekali tak terlihat kehadiran polisi. Sedangkan di Amerika, polisi anti huru hara sibuk membubarkan dan menangkap ratusan pengunjuk rasa dengan menggunakan tongkat dan granat flash.

“Alasan mengapa kami melakukan protes seperti ini sekarang adalah bahwa solidaritas sangat penting dalam setiap gerakan,” kata Rosy Wilson, 19 tahun, seorang mahasiswa di Universitas Oxford.

"Dengan meniru aksi protes mahasiswa di Amerika, kami menunjukkan kekuatan persatuan dimana kami bersatu dengan mereka, kami bersatu dengan Gaza dan kami bersatu dengan gerakan ini di seluruh dunia,” imbuhnya.

Aksi protes mahasiswa pro-Palestina di Universitas Columbia di New York, memang telah menginspirasi demonstrasi serupa di sejumlah universitas di seluruh dunia. Mereka menyerukan gencatan senjata dan menuntut universitas mereka divestasi dari perusahaan yang memiliki hubungan dengan Israel.sinpo

Komentar: