DPR Soroti Pentingnya Perkuat Kerja Sama dengan Zimbabwe untuk Hadapi Tantangan Geopolitik

Laporan: Galuh Ratnatika
Senin, 06 Mei 2024 | 15:48 WIB
BKSAP DPR RI Fadli Zon (SinPo.id/ Kominfo)
BKSAP DPR RI Fadli Zon (SinPo.id/ Kominfo)

SinPo.id - Ketua Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI Fadli Zon, menyoroti pentingnya memperkuat kerja sama bilateral dengan Zimbabwe, khususnya dalam bidang pertahanan, sehubungan dengan tantangan geopolitik saat ini.

"Saya juga mencatat bahwa Indonesia dan Zimbabwe telah menjalin kerja sama melalui pembuatan MoU di berbagai bidang seperti pertahanan, kesehatan, farmasi, dan perdagangan," kata Fadli, saat menerima kunjungan Pelaksana Tugas Duta Besar Zimbabwe Viola Matongorere, di Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin 6 Mei 2024.

Terlebih, dunia saat ini tengah menghadapi tantangan yang semakin kompleks. Termasuk perang dan ketegangan geopolitik yang terus berlanjut. Sementara inflasi dan kenaikan harga energi terus meningkat, akibat krisis iklim.

Selain itu, Fadli juga mencermati kerja sama pertahanan antar kedua negara, dimana industri pertahanan strategis Indonesia melalui PT Pindad telah memperluas kerja sama dengan Zimbabwe dalam modernisasi militer.

Bahkan kedua negara mempunyai visi dan kepedulian yang sama berdasarkan semangat kemanusiaan dan solidaritas sebagaimana tertuang dalam Konferensi Asia-Afrika yang mana kedua kawasan berkomitmen untuk memajukan perdamaian dan kesejahteraan dunia.sinpo

Komentar: