Polri Siapkan 150 Kendaraan Listrik untuk HUT ke-79 RI di IKN

Laporan: Firdausi
Senin, 06 Mei 2024 | 12:56 WIB
Kakorlantas Polri Irjen Aan Suhanan. (SinPo.id/Dok. Polri)
Kakorlantas Polri Irjen Aan Suhanan. (SinPo.id/Dok. Polri)

SinPo.id - Korps Lalu Lintas (korlantas) Polri menyerahkan bantuan 150 unit kendaraan listrik untuk operasional Ditlantas Polda Kalimantan Timur dalam mendukung pengamanan di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. 

Bantuan kendaraan listrik tersebut terdiri atas 50 unit kendaraan roda empat dan 100 unit kendaraan roda dua. 

Kakorlantas Polri Irjen Aan Suhanan mengatakan, bantuan kendaraan listrik Ditlantas Polda Kalimantan Timur itu nantinya akan dipergunakan mendukung pengamanan pada pelaksanaan peringatan HUT ke-79 RI pada 17 Agustus 2024. 

"Nantinya ini juga akan dipergunakan mendukung pengamanan pada pelaksanaan peringatan HUT ke-79 RI pada 17 Agustus 2024," kata Irjen Aan dalam keterangannya pada Senin, 6 Mei 2024. 

Menurut Aan, bantuan kendaraan ilstrik ini senada dengan aturan di IKN bahwa nantinya kendaraan akan berbasis listrik. 

"Di IKN harus kendaraan berbasis baterai, jadi kami serahkan ke Pak Dirlantas," tuturnya. 

Dia juga menurutkan, untuk mendukung pengamanan pergerakan arus lalu lintas di IKN pada 17 Agustus mendatang, pihaknya juga akan menyiapkan bawah kendali operasi (BKO) personel, kendaraan, dan teknologi yang mendukung operasional manajemen operasi dalam pengawalan tamu VVIP dan VIP. 

“Sudah dipersiapkan personel, kendaraan, teknologi yang akan mendukung operasional manajemen operasi nanti ini sudah kami persiapkan, sehingga nanti kami akan BKO-kan ke Paspampres untuk pengawalan VVIP dan VIP akan kita kelola," jelasnya. 

Kendati demikian, Aan belum membeberkan jumlah personel yang akan dikerahkan pada peringatan 17 Agustus 2024 mendatang. 

"(Jumlah personel) itu nanti ya," tuturnya.sinpo

Komentar: