Milad Forkabi Dimeriahkan Pentas Seni Budaya Betawi

Laporan: Tim Redaksi
Senin, 06 Mei 2024 | 06:35 WIB
Forkabi
Forkabi

SinPo.id -  Pentas seni budaya Betawi memeriahkan perayaan milad ke-23 Forum Komunikasi Anak Betawi (Forkabi) di Kawasan Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan, Kelurahan Srengseng Sawah, Kecamatan Jagakarsa, Jakarta Selatan.

Sejumlah pentas seni budaya Betawi yang ditampilkan di antaranya, Gambang Kromong, silat tradisi Betawi, fashion show pakaian tradisional Betawi, dan tari tradisional Betawi.

Ketua Umum Forkabi, Mohammad Ihsan mengatakan, dengan mengusung tema "Bersama Forkabi Menuju Indonesia Emas 2045", melalui milad ini diharapkan seluruh masyarakat Betawi menjadi masyarakat yang berkualitas dan berkarakter.

"Jadi nantinya disaat 100 tahun Indonesia merdeka, SDM kita sudah harus berkualitas dengan pendidikan yang tinggi dan harus kuat kecukupan gizinya," ujarnya, Minggu 5 Mei 2024

Ihsan menjelaskan, meskipun Jakarta tidak lagi menjadi Ibukota, namun Jakarta tetap menjadi kota yang kaya akan seni dan industri lainya. Sehingga, diharapkan kaum Betawi dapat bertanggung jawab bersama-sama dengan rasa percaya diri menyongsong Indonesia Emas pada tahun 2045 mendatang.

"Kita semua mengharapkan orang Betawi itu bukan hanya berpendidikan maksimal SMA, namun harus bisa melebihi itu agar kelak di dalam bonus demografi tahun 2045, anak-anak Betawi sudah siap menjadi generasi emas," terangnya.

Sementara itu, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) DKI Jakarta, Taufan Bakri berharap, di usia ke-23 tahun ini Forkabi dapat ikut menggerakkan dunia pendidikan sebagai mana tema diusung menuju Indonesia Emas 2045.

Sebagai tuah rumah di Jakarta, lanjut Taufan, orang Betawi di era globalisasi bukan lagi menjadi penonton, namun dapat terus bergerak memajukan Jakarta maupun Indonesia yang akan datang.

"Kita semua di sini berharap Forkabi menjadi kekuatan yang kokoh bagi perkembangan masyarakat Betawi," tandasnya.

Untuk diketahui, perayaan milad ke-23 Forkabi turut dihadiri Kepala Dinas Kebudayaan DKI Jakarta, Iwan Henry Wardhana; Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta, Misan Samsuri; Ketua Bamus Suku Betawi 1982, Zainuddin (Haji Oding); serta tokoh dan warga Betawi.sinpo

Komentar: